(7/11/2019) tepat pada pukul 06.00 WIB, di lapangan Arbain Darunnajah 14. Upacara pembukaan ujian tulis akhir semester ganjil untuk kelas satu hingga kelas 5 TMI dilaksanakan di tempat tersebut. Seluruh Asatidz seluruh Santri Nurul Ilmi ikut menghadirinya. Upacara dilaksanakan dengan sangat khidmat dan disiplin, seluruh warga Nurul Ilmi berkumpul di tempat tepat pada waktunya. Upacara pagi ini pun adalah salah satu ujian yang diberikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Ust. Fajar Suryono S.kom untuk melatih kedisiplinan para Staf Asatidz, Mudabbir, juga seluruh santri Nurul Ilmi. Ust Fajar dalam sambutannya mengintkan kembali bahwasannya Ujian di pondok pesantren sangat berbeda dengan ujian-ujian di sekolah pada umumnya, karena seluruh aspek yang ada di pondok pesantren pun ikut di uji. Tak hanya peserta ujiannya saja yang diuji. panitia ujian, dapur umum, Asatidz juga para Muddabir ikut diuji untuk mensukseskan dalam membangun suasana keseriusan ujian. maka Kedisiplinan waktu, kekuatan fisik, ketajaman pemikiran , sikap dan sopan santun, juga Ibadah adalah aspek penting yang harus dimiliki setiap individu .

“ ujian sebenarnya menguji seluruh aspek yakni meliputi fikiran ,badan dan akhlak. Jangan melanggar saat ujian, jika seseorang kabur dari pondok berarti dia telah berkhianat. Karena dulu pun saat para pahlawan berjihad ada orang yang pergi meninggalkan kelompok tersebut berarti ia dikatakan sebagai pengkhianat. Mengapa ?karena ia meninggalkan orang yang sedang berjihad dan meninggalkan kaewajiban serta amanah orangtua yang telh diberikan kepadanya.” Tambah Ustadz Fajar dalam penyampaian Taujiahat di Upacara Pembukaan Ujian Tulis Akhir Semester ganjil tersebut.

Sebelum Berakhir upacara pembukaan ujian tulis ini, Panitia Olimpiade TMI Internal Nurul Ilmi Darunnajah 14 memberi penghargaan kepada santri yang terpilih sebagai peserta ter-seleksi yang akan di utus sebagai perwakilan pada saat lomba Olimpiade TMI yang akan datang

Upacara Pembukaan Ujian Tulis Akhir Semester ganjil tahun ajaran 2019-2020 ini di lanjutkan dengan pembacaan tengko/perarturan pada saat ujian berlangsung, yang di sampaikan oleh Ust Alih Kuasa sebagai Ketua PANJI Tahun Ajaran 2019-2020 dan, ditutup dengan Do’a yang dipimpin oleh Ust. Hasyim Abdul Jamil.

(santritv/san)