Upacara Pelantikan Kenaikan Tingkat Pramuka Penggalang dan Penegak

Upacara Pelantikan Kenaikan Tingkat Pramuka Penggalang dan Penegak

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...
Loading...
Prosesi Penyematan Tanda Kehormatan Pramuka bagi Andika Penggalang Rakit

Salam Pramuka! – Waktu berlalu begitu cepat, tak terasa andika pramuka Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom telah sampai di penghujung tahun ajaran 2020-2021. Beragam kegiatan telah dilewati dengan suka dan duka yang diiringi berbagai pendidikan penting bagi para andika untuk di masa yang akan datang. Seperti yang sering diucapkan pada season latihan berlangsung, yaitu Tri Satya yang berbunyi: menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat untuk Pramuka Penggalang, dan ikut serta membangun masyarakat bagi Pramuka Penegak.

Pada kali ini, tepat pada hari Kamis (25/03) upacara pelantikan kenaikan tingkat berlangsung di lapangan Pelestina. Acara ini di bimbing langsung oleh 2 orang Pembina senior yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan Kursus Mahir Tingkat Lanjut (KML), dan di dampingi oleh MABIKORI Darunnajah 8.

Pramuka Penggalang merupakan anggota yang sudah memasuki jenjang umur 11-15 tahun. Ada beberapa tingkatan dalam Pramuka Penggalang, yaitu Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, dan Penggalang Terap. Adapun Pramuka Penegak adalah andika Pramuka yang sudah menginjak umur 16-20 tahun. Dalam Pramuka Penegak hanya ada dua tingkatan, yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksana. Tingkatan tertinggi dalam Pramuka Penggalang adalah Penggalang Terap, dan tingkatan tertinggi dalam Pramuka Penegak adalah Penegak Laksana.

Pelantikan ini meliputi tingkat Penggalang, yang terdiri dari: Ramu, Rakit, dan Terap. Sementara pada tingkat Penegak terdiri dari:Bantara dan Laksana. Penyematan berlangsung dengan diwakilkan dari salah-satu peserta, melafalkan dua kalimat syahadat dan dilanjutkan dengan membaca Tri Satya dari masing-masing tingkat. Sebelum mengikuti pelantikan, andika diwajibkan untuk mengisi syarat-syarat yang ada di buku SKU dan SKK.

Loading...

Dalam kegiatan pesantren, pramuka menjadi salah satu hal penting dalam membentuk karakter santri, didalamnya banyak sekali kegiatan yang membantu santri dalam melatih kreatifitas serta mental santri. Dalam menanamkan karakter pada setiap tingkatannya diberikanlah kode kehormatan bagi seorang andika pramuka.

Kenaikan tingkat bertujuan untuk memberikan semangat baru pada andika Pramuka dalam sebuah golongan dan tingkatan baru di Pramuka. Suasana baru menimbulkan semangat baru yang akan terus tumbuh dengan diiringi berbagai macam kegiatan yang sudah menanti pada tahun ajaran baru 2021-2022. Lebih dari pada itu, kegiatan ini bertujuan agar andika pramuka mendapatkan kebermanfaatan dari kegiatan yang telah dilalui nya, guna membentuk pribadi yang berbudi luhur, berbakti dan mengabdi kepada agama dan negara serta bertakwa kepada Allah Swt sebagai sang pencipta.

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Info Lainnya