Uni Emirat Arab, Negeri Impian Para Penuntut Ilmu
Menu

Uni Emirat Arab, Negeri Impian Para Penuntut Ilmu

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Bagaimana Sih Kuliah di Uni Emirat Arab?

Ya negara ini adalah Uni Emirat Arab (UEA) negara yang terletak di tenggara semenjung Arab, kawasan Timur Tengah atau daerah Asia Barat. Uni Emirat Arab merupakan negara monarki federal yang terdiri dari tujuh emirat yang kaya akan sumber daya alamnya, yakni minyak bumi.

Ibukotanya Abu Dhabi dan kota yang terkenal dengan bangunan tertinggi dan bergelimang cahayanya , serta Dubai yang didalamnya terdapat Burj Khalifa, yang disampingnya ada mall terluas yang isi nya ada aquarium indoor, air terjun, dan rekreasi indoor terluas di dalamnya.

Negara Uni Emiret Arab ini terdiri dari 7 Emirat yaitu Abu Dhabi, Dubai, Ajman, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain, dan Bahasa resminya Bahasa Arab dengan mata uang dirham yang saat ini senilai Rp. 3.800.

Universitas Alqasimia yang terletak di kota Sharjah yaitu Universitas di bangun dan bawah naungan Syekh Sulthon bin Muhammad Alqasimi dan beliaulah yang memberikan Fasilitas dari Pendidikan, kesehatan, bahkan kehidupan semua pelajar dan guru-guru beliau lah yang membiayainya.

Karena beliau sangat cinta sekali dengan ilmu dan membangun universitas dengan motto’’ شارقية الموقع، عالمية الرسالة ’’. yang dibangun pada tahun 2014 dan terdiri dari 1600 mahasiswa/I dari 60 negara, dan dipimpin oleh Syekh Rosyad Salim sebagai Rektor di Universitas ini.

Belajar disini menggunakan Bahasa Arab fushah yang Syekh dan Dosen nya dari berbagai macam negara yaitu Mesir, Arab Saudi, Sudan, Yordania, Senegal, Yaman, Palestina dll.

Universitas ini terdiri dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Syariah dan Studi Islam, Fakultas Adab & Humaniora, Fakultas al-Quran dan Ulumul Qur’an, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Komunikasi, dan ada juga kelas Markaz Lughoh/ kelas Bahasa untuk memperbaiki dan mempersiapkan Bahasa Arab nya.

Yang diwajibkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan Bahasa Arab Fushah, dan Fakultas Ekonomi dan Komunikasi harus menguasi dua Bahasa yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Di Universitas ini sendiri pelajar Indonesia masih sedikit dan akan selalu bertambah dengan jumlah 11 mahasiswa dan 18 mahasiswi, yang berasal dari berbagai kota di Indonesia dan dari berbagai Pondok Pesantren.

Dan dari Alumni Darunnajah sendiri baru 2 alumni dari Angkatan 41, Yaitu Muhammad Jehad Faaza Saifa dan Indahan Nurul Rohmah, dan sangat berharap sekali alumni-alumni Pesantren Darunnajah dapat melanjutkan di Universitas ini.

 

Semua mahasiswa/i disini sangat ramah dan saling menyapa sama lain, setiap sekali berjalan dan bertemu selalu bersalaman dan menyapa bahkan menanyakan kabar. Belajar disinipun tidak sulit dan sama seperti semua universitas lainya.

Disetiap semester nya terdiri dari 4 Ikhtibaar / Ujian dan ditergatkan nilai disetiap semesternya oleh pihak universitas, dan semua dosen sangat membantu dalam setiap pelajar yang mempunyai kesulitan dalam belajar, begitu pula sesama mahasiswa saling membantu dalam belajar dan saling bertanya satu sama lainnya dalam hal pelajaran.

Intinya belajar dimana pun itu sama saja selagi kita bisa berfikir betapa indahnya itu menuntut ilmu apalagi menuntut ilmu di negara orang lain sebagaimana kata Mahfudzhot “اطلب العلم و لو بالصين” , “Merantaulah! Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan hidup di negeri asing (di negeri orang)” – Imam Asy-Syafii.

Muhammad Jehad Faaza Saifa, Ank. 41
Sharjah, 13 Maret 2020

(dn.com/jehad)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN