Allah swt berfirman dalam Al Qur’an yang artinya:

“Dan diantara mereka ada orang yang berdo’a: “Yaa Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.(Q.S Al Baqarah: 201)

Sebagai manusia kita tentunya ingin merasakan hidup di dunia ini dengan penuh kebahagiaan juga menginginkan kebahagiaan pula di akhirat kelak, namun untuk mendapatkan itu semua tentunya tidak mudah kita harus benar-benar menjaga diri dari kemaksiatan serta selalu melaksanakan kebaikan sebanyak-banyaknya.

Menurut Ibnu Abbas ada 7 Indikator yang akan menjadikan kita bisa merasakan kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak yaitu:

  1. Hati yang Bersyukur

Kita harus mempunyai hati yang mampu selalu bersyukur, apapun yang Allah swt berikan, kita harus mampu bersyukur tidak sedikitpun mempunyai keluhan namun lebih mempentingkan sifat Qana’ah(ridha/merasa cukup).

  1. Pasangan yang Shaleh/Shalehah

Untuk menciptakan kehidupan yang bahagia pastinya kita membutuhkan pasangan yang baik akhlaknya yang selalu memberi rasa nyaman dalam setiap pergaulan.

  1. Anak Shaleh/Shalehah

Anak shaleh adalah karunia Allah swt yang sangat besar, karena do’a anak Sholeh/Shalehah akan Allah swt kabulkan, maka akan berbahagia dunia akhirat orang tua yang mempunyai anak yang Shaleh/Shalehah.

  1. Harta yang Halal

Memiliki banyak harta tentunya akan menjadikan seseorang bahagia, namun bila harta itu halal maka akan mambuat orang semakin bahagia, karena harta yang halal akan menjaga hati orang yang punya dari nafsu syitan.

  1. Lingkungan yang baik

Bila kita berada dalam lingkugan yang baik banyak orang Shaleh disekitar kita pastinya kita akan merasa tenang dan nyaman setiap waktu selalu mendengar hal-hal yang baik dan menambah iman, kehidupan rukun dan tentrampun akan tercipta.

  1. Haus akan Ilmu Agama

Dengan terus mempelajari dan mendalami ilmu agama, akan mengutkan iman semakin kuat, semakin cinta kepada Allah swt dan Rasulnya, maka akan semakin terang hatinya akan ilmu dari situlah kebahagiaan akan datang.

  1. Usia yang Berkah

Disetiap bertambahnya usia bertambah pula keshalehan seseorang, setiap waktunya diisi dengan beribadah kepada Allah swt, tidak ada tindakan yang dikerjakan melainkan karena Allah swt, disinilah kebahagiaan yang sebenarnya didalam kehidupan ini, semakin tua semakin berilmu semakin bijaksana semakin bermanfaat bagi manusia lainnya.