Ujian Lisan Ramaikan Suasana Pondok

logo nuilBerbeda dengan sekolah lain yang mulai melaksanakan Ujian Semester Genap pada tanggal 27 Mei 2013, SMK Darunnajah Pabuaran melaksanakan Ujian Semester Genap mulai pada hari Sabtu (25/05/13). Ujian Semester Genap ini diawali dengan Ujian Lisan yang meliputi Pelajaran B.Arab, B.Inggris, dan Al-Qur’an. Berbagai cara dilakukan oleh para Santriwan dan Santriwati untuk menyambut ujian lisan kali ini, mulai dari menyelesaikan syarat-syarat mengikuti ujian (yang meliputi menyelesaikan Ibadah Amaliah, Melunasi iuran SPP dan Komputer, melunasi iuran ujian, serta kehadiran), menghafal pelajaran yang akan diujikan, sampai melakukan Shalat Tahajjud bersama.

“Jika dengan melaksanakan ujian setiap orang belajar, maka saya ingin setiap hari ujian, agar orang-orang belajar setiap hari”, ujar Al-Ustadz Fajar Suryono S.Kom, selaku pimpinan Pondok Pesantren Nurul Ilmi.

Ujian lisan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut, mulai hari Sabtu sampai hari Senin. Pada hari Selasa tidak dilaksanakan Ujian lisan, namun dilaksanakan Musamahah (hari toleransi), merupakan hari khusus untuk belajar. Ujian dilanjutkan dengan Ujian Tulis yang akan dilaksanakan pada hari Rabu. Bukan hanya Ujian Lisan dan Ujian Tulis yang dilaksanakan, namun Ujian Praktek pun dilaksanakan. Karena Pondok Pesantren Nurul Ilmi adalah Pon-Pes yang didalamnya terdapat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Jangan melaksanakan Ujian dengan cara yang curang, kerjakanlah soal menurut kemampuan sendiri. Saat melaksanakan ujian, usahakan untuk tidak mengeluarkan suara agar peserta ujian lain dapat berkonsentrasi. Sehingga hasil yang dicapai tidak mengecewakan”, ujar Ustadzah Romlah, selaku Panji (Panitia Ujian) Tahun Ajaran 2012-2013.