Menu

Ujian Lisan Niha’i Santri Al-Manshur

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

www.darunnajah3.com. Ujian lisan niha’i merupakan kegiatan tahunan yang diikuti oleh seluruh santri kelas XII. Kegiatan ini diikuti oleh santri sebanyak 33 orang, dan bertujuan untuk menguji sejauh mana pemahaman santri terhadap materi yang telah diajarkan dan untuk menguji bahasa santri.
Adapun materi yang diujikan adalah pelajaran Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Al-Qur’an. Dan soal tersebut diambil dari kelas 1-6 TMI (VII- XII). Peraturan ujian lisan Niha’i tidak seperti ujian lisan Ujian Akhir semester seperti biasanya. Karena pada ujian Lisan Niha’i, penguji menguji 2 peserta sekaligus. Hal ini bertujuan agar santri mengetahui kemampuannya masing- masing, dan apabila santri tidak bisa menjawab pertanyaan yang diarahkan kepadanya, maka pertanyaan tersebut akan dialihkan kepada temannya dan nilai akan diberikan kepada santri yang bisa menjawab. Hal ini menimbulkan dampak positif karena akan memacu santri untuk berlomba- lomba dalam menjawab dan akan membuat santri lebih giat dalam belajar.
Selain diuji per 2 orang, ujian lisan Niha’i juga membutuhkan waktu yang lama. Karena 2 peserta saja membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 1 setengah jam untuk diuji. Karena materi yang yang diujikan banyak.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Hidden Curriculum Sistem Muallimin (TMI) Darunnajah

Sebagai lembaga pendidikan pesantren berbasis sistem Muallimin, pemahaman sepenuhnya akan kelebihan kurikulum TMI (Tarbiyatul Muallimin/Muallimat Al Islamiyah) yang menjadi core curriculum dari pendidikan pondok harus