Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci Darunnajah 8

Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci Darunnajah 8

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...
Loading...

Pencak Silat merupakan warisan kepribadian budaya yang mengandung banyak unsur pembelajaran untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani. Begitupun di Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom, terdapat extrakurikuler yang wajib diikuti oleh santri, yaitu Perguruan Beladiri Tapak Suci Indonesia. Terlepas dari bentuk dan berbagai macam jenisnya, ilmu beladiri ini adalah gerak dan tindakan santri agar menjadi mantap dan percaya diri.

Mulai pada hari kamis sore para siswa Tapak Suci Darunnajah 8 mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat yang akan berlangsung pada hari Jum’at (02/04). Tepatnya pada Jum’at pagi, para siswa berbondong memenuhi lapangan untuk mengikuti upacara pembukaan kenaikan tingkat ini. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Tapak Suci, yang menjadi awal pembelajaran awal bagi siswa sebelum mengikuti ujian kenaiakn tingkat.

Ujian Kenaikan Tingkat ini adalah acara perdana yang diadakan di Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8, dan diadakan langsung di dalam pondok. Dengan diikuti kurang lebih 300 peserta yang berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini. Adapun materi pada ujian kenaikan ini mencangkup tiga kategori, yaitu Ujian tulis, ujian jurus, dan ujian fisik.

Siswa, Kader, dan Pendekar adalah tingkatan yang ada di dalam perguruan Tapak Suci. Adapun identitas bagi siswa adalah sabuk kuning yang terbagi menjadi 5 :

Siswa Dasar (Sabuk Kuning polos)

Siswa Satu (Sabuk Kuning Melati Satu)

Siswa Dua (Sabuk Kuning Melati Dua)

Siswa Tiga (Sabuk Kuning Melati Tiga)

Siswa Empat (Sabuk Kuning Melati Empat)

 

Begitu juga dalam tingkatan kader, terbagi menjadi 5 :

Kader dasar (Sabuk Biru Polos)

Kader Muda (Sabuk Biru Melati Merah Satu)

Loading...

Kader Madya (Sabuk Biru Melati Merah Dua)

Kader Kepala (Sabuk Biru Melati Merah Tiga)

Kader Utama (Sabuk Biru Melati Merah Empat)

Tidak jauh dari jenis tingkatan kader, tingkatan pendekar juga menyerupai tingkatan kader yaitu :

Pendekar Muda (Sabuk Hitam Melati Merah Satu)

Pendekar Madya (Sabuk Hitam Melati Merah Dua)

Pendekar Kepala (Sabuk Hitam Melatih Merah Tiga)

Pendekar Utama (Sabuk Hitam Melati Merah Empat)

Pendekar Besar (Sabuk Hitam Melati Merah Lima)

Para penguji di ujian kenaikan tingkat ini resmi dari PIMDA 194 Kabupaten Bogor. Yang berkantor di lewiliang, Bogor. Acara ini akan diadakan setiap tahunnya di pondok ini, setelah menjalankan acara perdana yang diadakan pada tahun ini. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk menampah pemahaman dalam apasaja yang telah dia pelajari dalam Tapak Suci ini,.

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Info Lainnya