Kamis (23/03/15), seluruh santriwati dan santriwan kelas IX MTs  ikuti ujian UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Bertsandar Nasional) & UM (Ujian Madrasah) yang bertempatkan di Kampus Cikarang. Ujian kali ini menghabiskan waktu 1 pekan terhitung sejak tanggal 23 Maret 2015 s.d 30 Maret 2015. setiap harinya para santri dihadapkan dengan 2 mata pelajaran yang diujikan.

Pukul 07.00 pagi Ujian diawali dengan Upacara yang dikomandani langsung oleh Kepala Sekolah MTs yakni Ust. Nasikun Sugik. Dalam upacara tersebut beliau menyampaikan beberapa aturan dan tata tertib selama ujian berlangsung nanti. Adapun peserta kelas IX MTs tahun ini berjumlah 178 orang terdiri dari santriwati dan santriwan. Dalam ujian kali inipun kelas yang digunakan mencapai 14 rombel.

Sebelum mengadakan UAMBN sekolahpun memberikan Try Out UAMBN terlebih dahulu, tujuannya agar para peserta berlatih dan lebih giat lagi dalam belajar maupun memahami mata pelajaran yang diujikan. Tak hanya itu para santripun gemar berkunjung ke perpustakaan sekolah guna mencari beberapa referensi mata pelajaran yang diujikan. selain itu para santri juga memiliki buku pedoman sukses UAMBN 2015.

Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam UAMBN diantaranya:

  1. Al-Qur’an Hadits
  2. Aqidah Akhlak
  3. Fikih
  4. SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)
  5. Bahasa Arab
  6. Bahasa Indonesia
  7. Matematika
  8. Bahasa Inggris
  9. PKN
  10. IPA
  11. IPS
  12. TIK
  13. Seni Budaya
  14. Muatan Lokal

Ujian kali memberikan motivasi yang sangat tinggi karna kali ini bukan try out lagi yang mereka jalani namun soal asli yang diberikan yang akan dibawa langsung ke tingkat kabupaten. Tak salah para santri sangat berhati-hati dan teliti dalam menjawab ujian tersebut. Alhamdulillah tahap akhir ujian yang akan di tempuh adalah UN (Ujian Nasional) adapun rangkaian ujian yang telah mereka lalui diantaranya:  try out UN, Ujian Mid Semester, Ujian Praktik, dan sekarang yakni UAMBN & UM. Semoga seluruh rangkaian dapat berakhir dengan lancar dan membuahkan hasil yang maksimal. Amin

(WARDAN/Annisa)