Training Of Trainer Silat Lahirkan 47 Pelatih Baru!
Menu

Training Of Trainer Silat Lahirkan 47 Pelatih Baru!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Selasa Pagi, 5 November 2012 telah dibuka Training Of Trainer (TOT) Seni Bela Diri Darunnajah Cipining (SBDC). Hadir dalam sesi tersebut Kepala Biro Pengasuhan Santri, Ust. Ahmad Rosichin Wasyraf, S.Pd.I menyampaikan sambutan. “ Sudah menjadi sunnah atau tradisi pesantren untuk selalu mengaplikasikan spirit ‘Patah Tumbuh Hilang Berganti’, artinya TOT silat ini menjadi wajib karena memang harus ada regenerasi untuk para pelatih SBDC!” ungkap alumni perdana Darunnajah Cipining tahun 1994 mantap.

Hadir pula dalam kesempatan itu 3 pelatih sekaligus pembimbing SBDC,ustadz Syarifuddin, ustadz Muhammad Hamdhani dan Ustadz Anwar Maulana. Peserta pelatihan ini berjumlah 47 santri; terdiri dari 34 santri kelas XI MA/5 TMI dan 13 santri kelas XI SMK. Agenda yang berlangsung hingga Kamis, 8 November 2012 ini dikoordinir oleh panitia dari kelas XII MA/6 TMI yang beranggotakan Ardiansyah, Muhammad Ikbal, Muhammad Farhan F, Najmudin dan Zein Alawy.

Bertindak sebagai penatar dalam annual program ini adalah Jarsa Purnama Desa yang notabene sebagai penatar pelatih Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) provinsi Jawa Barat. Materi utama penataran ini adalah Jurus Tunggal Baku dan Jurus Wiraloka yang terdiri dari 100 gerakan. Disisi lain, sebagai calon pelatih Seni Beladiri yang akan bertugas setiap Jum’at pagi mendidik para santri, mereka dilatih juga dengan kekuatan fisik, kematangan mental, penguasaan jurus-jurus, tehnik fighting dan tata cara menjadi seorang wasit dan juri dalam perlombaan silat secara benar dan fair.

Sebagai puncak dari rangkaian TOT ini adalah long march sepanjang 20 Km dari pesantren, tepatnya ke arah Parung Panjang. Dalam long march ini semua peserta teruji dan ternilai kekuatan fisik, kematangan mental dan sikap mereka sebagai calon pelatih SBDC. Berlari tanpa alas kaki di atas aspal, di bawah sengatan mentari, tentu bukanlah hal yang sepele. Disinilah pembelajaran keyakinan akan kemauan dan kemampuan menemukan pengejawantahannya. It’s not how the life is treating us, but how we are treating the life!.

Keesokan harinya pada Jum’at pagi di hadapan ratusan para peserta didik SBDC di lapangan Futsal DNC, ke 47 peserta penataran tersebut dinyatakan lulus sebagai Pelatih SBDC dan berhak melatih silat para santri. Dan berdasarkan penilaian pembimbing dan panitia TOT, ditetapkan The Best Three TOT SBDC 2012 yaitu Saddam Husen asal Tangerang, Abdul Luthfi asal Kendal dan Firmansyah asal Bogor. Adapun juara long march adalah Ahmad Nida asal Garut dan Wafiq Aulia asal Pandeglang.

Kegiatan TOT SBDC merupakan kegiatan wajib bagi santriwan kelas XI MA/5 TMI karena dimaksudkan untuk menciptakan pelatih-pelatih handal yang siap menggantikan posisi kelas XII MA/6 TMI yang notabene akan segera disibukkan dengan berbagai agenda penting lainnya seperti; LPJ Organsasi Santri, Ujian Praktik Mengajar (Amaliah Tadris), TryOut UN dan UAM, Ujian Nihai, UN, UAM, PDPM dan Haflat Takharruj. Kepada para pelatih baru diharapkan bisa menjalankan tugas mereka dengan ikhlas, cerdas dan tuntas. Seperti yang selalu diikrarkan sebelum latihan: dengan Iman kami menjadi kuat,tanpa iman kami menjadi lemah!. Allahu Akbar!. (WARDAN/Abu Ezzat El Wazira)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan