Tips Praktis Merawat Peci
Menu

Tips Praktis Merawat Peci

pecihitam.jpg

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Hasil gambar untuk peci Peci merupakan salah satu alat sholat yang funsinya sebagai penahan rambut bagian depan kepala agar tidak menghalangi dahi ketika sujud dalam sholat. Peci juga salah satu keidentikan pada santri dalam menunaikan ibadah dan melaksanakan kegiatan formal yang ada di pondok, juga sebagai salah satu benda yang perawatanya tidak biasa atau istimewa dalam proses menjaga dan mereawat agar selalu baik dan bagus dipandang oleh setiap orang yang memandang bagian kepala sipemakai peci tersebut.

Gak salah lagi apabila pengguna peci sering menggunakan pecinya tidak langsung dipakai ketika sehabis wudhu karena hal tersebut dapat membuat peci kita bau, tidak awet, dan mudah rusak sehingga dalam tempo singkat peci tersebut akan lecek dan rusak dengan sendirinya. Oleh karena itu kami mempunyai tips-tips agar peci kesayangan kita tetap terjaga kerapihanya dan agar tahan lama, berikut adalah tips praktis merawat peci :

-Menjemur Peci
Menjemur peci anda pada sinar matahari selama kurang lebih 20 menitan. Agar peci anda kaku sehingga peci tidak cepat rusak. Caranya jemur peci pada sinar matahari dengan posisi terbalik yaitu yang berlubang berada diatas. selain agar kaku peci dijemur akan membuat peci tidak lembap sehingga jamur yang ada didalam peci terhambat pertumbuhannya bahkan mati.

– Berikan Pewangi
Berikan pewangi pada bagian dalam peci setiap hari pasti terkena keringat kita sehingga jamur mudah tumbuh didalam peci kita. Ini akan membuat peci mempunyai bau yang tidak sedap. cara mengatasinya adalah berikan / semprotkan pewangi non alkohol ke dalam peci bagian dalam tetapi jangan terlalu banyak. Dan cara lainnya adalah gunakan kapur barus pada bagian dalam peci agar bau yang ada didalamnya menghilang dan berganti menjadi harum.

– Hindari Terkena Air
Hindarkan peci dari air jangan pernah sesekali anda mencuci atau menempelkan air pada peci anda. karena, jika peci terkena air maka peci akan berubah warna. selain berubah warna jika anda mencuci peci maka karton yang mempunyai fungsi membuat kaku peci anda akan hancur karena terendam air.

-Tidak menindih Peci
Simpan peci pada tempat yang aman dari tindihan dikarenakan akan membuat peci hancur. Saya sarankan simpan peci dalam lemari atau taruh pada ketinggian.

– Membersihkan Debu
Bersihkan debu biasanya saat kita memakai peci pasti akan terkena debu. maka, segera bersihkan debu yang menempel pada peci anda. karena, debu yang tertempel pada peci anda akan membuat peci menjadi jelek dan terlihat kotor. itulah tips dan trik menjaga peci yang berbahan dasar beludru. semoga setelah mempraktekan tips dan trik ini peci anda menjadi tidak bau, tidak cepat rusak, dan tahan lama.

 

 

 

Di posting oleh : mochdardo@gmail.com

sumber : www.pewangilaundry.co.id, http://tipsmerawatpeci.blogspot.com

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait