PENGHAPAL QURAN

Tips Menjaga Hafalan Al-Qur’an

Tips Menjaga Hafalan Al-Qur’an

PENGHAPAL QURAN
Penerapan Physical Distancing Selama Ujian Quran

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Loading...

Sering sekali kita mendengar para santri lupa dengan hafalan Al-Qur’annya. itu disebabkan karna para santri jarang sekali mengulang hafalannya.

namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para santri pengafal Al-Qur’an agar terus dapat mengingat hafalannya,salah satunya yakni meniatkannya hanya untuk Allah SWT.

dan masi ada 8 tips yang mudah untuk menjaga hafalan Al-Qur’an kita seperti berikut ini.

1.Mengatur waktu

pandai mengatur waktu dapat  membantu seorang penghafal Al-Qur’an dengan mudah .mengatur waktu untuk mengulang- ulang hafalannya.

2.Murajaah

murajaah adalah mengulang kembali hafalan Al-Qur’an yang sudah pernah di hafalkan untuk menjaga dari lupa dan salah maka disinilah diperlukan murajaah dalam menjaga hafalan Al-Qur’an

3.Menjauhi kemaksiatan

jiwa yang selalu belumur dalam kemaksiatan dan dosa,sulit untuk menerima cahaya Al-Qur’an ,hati yang tertutup disebabkan dosa-dosa yang senantiasa dilakukan. maka dari itu kita harus menjahui kemaksiatan supaya kita mudah menghafal nya

4.Mencari partner

Loading...

mempunyai partner atau teman sangat menyenangkan dan menambah semangat.apalagi jika partner kita seorang hafiz Qur’an tentu akan lebih baik karna bisa mengoreksi kesalahan kita dan memotifasi kita dalam menghafal Al-Qur’an.

5.Istiqomah

istiqomah adalah berpendirian kuat atau teguh pendirian .berarti kita harus berpendirian kuat atau teguh terhadap hafalan Al-Qur’an kita .

6.Memilih waktu yang sesuai  untuk menghafal

menghafal memerlukan fokus yang maksimal supaya apa yang di hafalkan dapat diingat dalam tempoh waktu yang lama.waktu yang ideal untuk menghafal atau murajaah adalah sebelum subuh,setelah ashar,setelah magrib.

7.Mengamalkan isi Al-Qur’an

mengamalkan isi Al-Qur’an merupakan maksud dari tujuan dari penurunan Al-Qur’an, karena Al-Qur’an akan memberikan syafaat bagi yang membacanya, dan Al-Qur’an juga menjadi pedoman hidup manusia di dunia dan di akhirat.

8.Niat

Niat sangat penting dalam menghafal Al-Qur’an karna tanpa niat kita tidak bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik.

Untuk itu marilah kita sama-sama menjaga hafalan kita dengan cara konsisten dalam menghafal Al-Quran setiap sebelum subuh,setelah ashar,dan setelah magrib.dan mengamalkan tips-tips yang sudah ada.supaya kita tidak lupa dalam hafalan Al-Qur’an.(Rossalyna Ettaqiya DN 1 )

 

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah