image

darunnajah.com, Cidokom, 13/02/2016. Meminjam kalimat Buya Hamka, “Jika bekerja hanya bekerja, kerbau di ladang juga bekerja”. Kurang lebih seperti itu penulis buku Tasawuf Modern Hamka, mengingatkan kita sebagai manusia yang bertuhan dan beragama.

Pada hari Jumat malam, 12/02/2016, Bagian Rumah Tangga (BRT) Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8, mengadakan pengajian bagi karyawan pembangunan pondok, yang bertempat di kediaman Pimpinan Pondok.

Program pengajian karyawan BRT yang diagendakan rutin dwi-mingguan ini, bertujuan untuk men-charge kembali niat staf dan karyawan BRT, “tajdīd al-niyyat”. Selain itu, agenda ini diharapkan untuk mempererat tali silaturahim antar staf dan karyawan, agar suasana kerja menjadi lebih kondusif dan mendatangkan keberkahan.

Pada kesempatan malam pengajian tersebut, hadir salah satu guru senior pondok, Ust. Muhammad Dahlan, untuk memberi siraman rohani kepada para karyawan. Menurut beliau, manusia mempunyai beberapa jenis sifat. Antara lain, sifat ‘āliman, thōliban, mustaqīman, muhibban.

Diharapkan, para karyawan pondok, bekerja dengan penuh kecintaan ” muhibban”, terus belajar bekerja dengan baik “thōliban”, agar menjadi karyawan yang pandai ” ‘āliman”, dan istiqomah dalam menjalankan tugas amanah dari pondok. (af_red)