Alhamdulillah, walaupun di tengah-tengah sibuknya ujian yang sedang di hadapi oleh Santri Kelas XII yaitu UN dan Kelas IX yaitu Try Out, tidak membuat Pesantren Darunnajah Cipining fakum akan kegiatan. Hal ini di cerminkan langsung dalam acara Language Party yang berlangsung selama 4 hari khususnya bagi Para Santriwati yang di panitiai langsung oleh Kelas XI MA Putri. Adapun kegiatan Para Santriwan yakni dengan mengadakan UKT (Uji Kenaikan Tingkat) dalam hal ini berkaitan langsung dengan Pencak Silat yakni Ilmu Bela Diri dan Tapak Suci. Ke-2 kegiatan tersebut melibatkan Santri Kelas VII, VIII, Intensif, dan IV.

Grand Opening

Pukul 08.00 WIB Grand Opening Kegiatan di mulai, tepatnya di lapangan kampus 1 yang terdiri dari santriwati kampus 1 dan 2. dalam hal ini di hadiri langsung oleh Ka Biro Pengasuhan yakni Ust. Ahmad Rosichin S.Pd.I serta jajaran Dewan Guru Putri. Acara di bawakan langsung oleh Andini Ismayani dan Nur Sa’adah keduanya merupakan Santriwati Kelas XI MA. Acara di awali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang di lantunkan oleh Saudari Fillah Kholifah. Setelah itu di lanjutkan dengan Pembacaan Santriwati Terbaik Berbahasa dalam hal ini di raih oleh Saudari Salwana Zulfa Santriwati Kelas VIII.

“Kegiatan Language Party merupakan kegiatan perdana yang diadakan di pondok pesantren darunnajah cipining, alhamdulillah dalam kesempatan kali ini kita semua di berikan kesempatan untuk belajar mengukur dan mengasah potensi yang dimiliki. terimaksih kepada peserta terlihat sangat antusias untuk berpartisipasi hadir dan bersemangat berlomba untuk menjadi yang terbaik. Semoga kegiatan ini menjadi wahana positif yang dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan para santri dalam berbahasa” ujar Yuana Khomsiani selaku Ketua Pelaksana Kegaiatan Language Party Santriwati Kelas XI MA.

Disusul dengan sambutan yang di sampaikan oleh Ka. Biro Pengasuhan dan ditutup dengan Do’a yang di bawakan oleh Ustadzah Binti Alifatin, Senin (15/04/13).

Dalam Ajang Language party ini, para santri di berikan kesempatan untuk dapat mengembangkan serta mengeluarkan bakat yang berdominasi langsung dengan bahasa. Mengingat Pesantren Darunnajah Cipining sendiri memiliki julukan Bilingual Area, Yakni kawasan Berbahasa Arab dan Bahasa Inggris. Maka dari itu dalam rangka mengisi kekosongan pada UN (Ujian Nasional) 2013 pesantren galangkan kegiatan edukasi sekaligus rekreasi. Teknisinya seluruh santri di kelompokkan langsung sesuai dengan kelasnya masing-masing.

Adapun mata lomba dalam Language Party diantaranya: Seleksi Umum QL (Queen of Language), Who Want’s To Be Millioner, Get My Mean, My Poem, Listening for Semi Finalist QL, Arrange it, Happy Song, Crossworld Puzzle, Change Me, My Magazine, Who am I, Talkshow, Let’s Check It Out, Mihnaty, Risalati, Pop Singer, Find Me and Tell, Qiroatul Jaridah, Up Our Voice, The Wonderful of Nahwu Shorof, Show Case of QL (Queen of Language), Show Art dll.

Nonton Bareng

Yang lebih menarik, para santri diberikan kesempatan Nobar (Nonton Bareng) yang bertempatkan di Gedung Putri tepatnya Ba’da Isya. Rabu (16/04/13) Para santri diputarkan film “Taree Zamen” yang berasal dari Negara India, dalam hal ini para panitia bermaksud memberikan tayangan tentang film edukasi yang dapat menumbuhkan jiwa semangat dan giat belajar khususnya bagi para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah.

Tak salah para santri sangat antusias dalam melihat tayangan tersebut. Tak hanya itu para santripun di berikan tugas untuk dapat menyimpulkan pesan tersirat yang telah di sampaikan setelah acara Nobar selesai. Dengan penanggung jawab Bagian Pengajaran OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining).

Show Case Queen

Tak kalah seru, Show Case Queen ini merupakan ajang bergengsi yang diadakan khusus untuk ke-5 Finalis yang telah diseleksi dari 20 peserta. Dalam kesempatan tersebut para peserta di berikan waktu untuk dapat menjawab beberapa termin pertanyaan yang di lontarkan langsung oleh Pembawa Acara dan Juri. Kali ini hadir Usth. Aizah, Usth. Putri Khoirunnisa dan Usth. Ruri Ajeng Septiara selaku dewan juri. Kamis (18/04/13)

Ke-5 finalis tersebut terdiri dari:

  1. Nurzakiyah                kelas     X MA
  2. Hilyatul Diniyah        kelas    X MA
  3. Afifah Zahidah          Kelas   X MA
  4. Rita                             Kelas   Intensif
  5. Mutiara Salsabila     Kelas   VIII MTs

Usth. Aizah menegaskan bahwa Kriteria dalam ajang Show Case Queen of Language ini diantaranya Beauty, Behavior, Pronouncation, Costum, and Tallent. Tak salah para audiens mulai meneriakan jagoannya masing-masing.

Setelah berbagai pertanyaan selesai di jawab, di lanjutkan dengan sesi bakat, yakni para finalist harus menunjukkan potensinya masing-masing, setelah itu para finalis bergantian untuk memperlihatkan kebolehannya. Diantaranya terdapat Speaker, Singer, Story Telling dll.

Acara akan kembali dimulai pada malam hari tapat ba’da Isya, dengan pembagian hadiah sekaligus penutupan acara. Jangan sampai ketinggalan beritanya ya!

(WARDAN/Annisa)