Mengambil gambar haruslah bagus, bagus dari segi posisi object, pengaturan cahaya dll. Sayang dong jika kita memakai kamera DLSR yang harganya sampai berpuluh juta tapi pengambilan gambarnya tidak tepat, pastilah tidak maksimal dan tidak memuaskan hati, maka dari itu kita harus tau beberapa teknik pengambilan gambar. Walaupun kita bukan fotograferyang handal  setidaknya k kita harus memerhatikan tiga aspek yang sangat mempengaruhi hasil jepretan. Aspek pertama yaitu, kecepatan rana atau shutter speed .

Fungsi shutter speed yakni : mengatur kecepatan terbuka dan tertutupnya shutter di kameramu . jadi semakin cepat shutter speed semakin jelas pula objek bergerak yang tertangkap, dan semakin lambatnya shutter speed semakin blur atau semakin tidak jelas pula objek bergerak yang tertangkap.

Lebih bagus jika kita mempercepat shutter speed supaya objek yang bergerak dapat tertangkap dengan jelas, namun mempercepat shutter speed sendiri memiliki kekurangan yakni cahaya yang tertangkap akan sedikit. Sehingga gambar yang tertangkapun tidak akan terang.

Kemudian, aperture  (diagfragma). Fungsinya untuk menentukan ruang tajam dan jumlah cahaya yang masuk.

Sehingga apabila angka diagfragma itu kecil maka semakin besar bukaannya, dan semakin banyak pula cahaya yang masuk. Dan jika angka diagfragma itu besar maka bukaannya akan semakin mengecil sehingga cahaya yang masuk pun akan semakin sedikit.

Aspek yang terakhir yakni : ISO (sentifity of sensor)

Kegunaan ISO yakni memperbanyak cahaya dalam kamera.  Cara kerja ISO seperti ini, semakin tinggi angka ISO maka cahaya yang di dapatkan objek akan semakin banyak. Dan jika angka ISO rendah maka cahaya yang di dapatkan objek akan sedikit. Namun mengatur ISO dengan angka tinggi akan mengakibatkan hal yang fatal yakni akan ada noise pada gambar, noise  adalah bintik-bintik jelek yang akan mengganggu hasil jepretan.

Maka dari itu ke tiga Aspek tersebut harus di atur dan di seimbangkan, sesuai kebutuhan. Memang betul sekarang di DSLR sudah ada pengaturan auto, kamera sendirilah yang mengatur ke tiga aspek tersebut agar pas saat mengambil gambar. Namun pada hakikatnya hasil dari pengaturan Auto dan manual atau  pengaturan yang kita atur sendiri itu berbeda, tentunya lebih bagus dan memuaskan jika kita memakai manual dan kita mengatur semuanya sendiri. Memang di awal kita mengambil gambar akan merasa kewalahan namun nanti kita akan terbiasa sendiri, karena segala sesuatu yang ada di dunia ini pastilah membutuhkan proses, tidak ada yang tiba-tiba bisa harus butuh latihan dan latihan agar kita terbiasa. Kemudian Ustadz Wildan selaku  pemateri pelatihan admin website Darunnajah pernah berkata mengenai  mengenai arti fotografi  :

Karena Fotografi adalah

– Sesuatu yang “UNIK”

– Mengandung sesuatu yang “SPESIAL”

– Menyimpan suatu “RAHASIA”

– Merupakan bagian dari sebuah “SENI”

– Bisa dibilang “MENARIK”

Dan satu hal lagi sebuah foto menggambarkan seribu kata “a picture tells  a thousand words” maka dari itu menggambil sebuah gambar itu harus baik dan benar, agar bisa menjadi dokumentasi dan saksi tentang kita di masa kelak.

teknis pengambilan gambar

teknis pengambilan gambar