Ustazah Darunnajah 2 cipining mengikuti majlis ilmi atau ta’lim mingguan,di kediaman pimpinan pesantren darunnajah 2 cipining Pak KH. JAMHARI ABDUL JALAL.LC. Setiap minggunya diadakan hari senin pukul 05.00 wib setelah jama’ah subuh, mengisi ta’lim tersebut ustazah darunnajah cipining yang sudah di tunjuk sebelumnya dan bergiliran untuk mengisi ta’lim dan di hadiri oleh usazah darunnajah cipining. senin(17/3)

Ta’lim minggu ini berjudul keajaiban dan manfaat wudhu bagi kesehatan yang di bawakan oleh ustazah FITRI,  sangat bermanfaat bagi kita semua untuk mengikuti ta’lim yang di adakan di pesantren darunnajah cipining, ada banyak hal mengenai bagaimana manfaat wudhu yang di bawakan ustazah kali ini, mari kita baca sekilas tentang ta’lim tersebut.

“KEAJAIBAN DAN MANFAAT WUDHU BAGI KESEHATAN”

SUNGGUH berbahagia orang yang selalu mendawamkan wudhu dalam hari-harinya. Dia senantiasa ada dalam keadaan suci dalam menjalani hari, baik siang maupun malamnya. Allah Ta’ala berfirman: “Hai sekalian orang yang beriman! Jikalau engkau semua berdiri hendak bersembahyang, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai ke siku dan sapulah kepala dan basuhlah kakimu sampai ke matakaki … Allah tidak menghendaki untuk membuat kesempitan (kesukaran) atasmu semua, tetapi hendak menyucikan engkau semua dan menyempurnakan karunianya kepadamu semua, supaya engkau semua bersyukur.” (QS. al-Maidah: 6)

Wudhu memiliki keajaiban yang luar biasa. Pahala bagi orang yang mendawamkan salah satu ibadah bersuci ini digambarkan dalam hadis berikut. Dari Abu Hurairah Ra., ia berkata: “Saya mendengar kekasihku Rasulullah Saw. bersabda: “Perhiasan-perhiasan di syurga itu sampai dari tubuh seseorang mu’min, sesuai dengan anggota yang dicapai oleh wudhu yakni sampai di mana air itu menyentuh tubuhnya, sampai di situ pula perhiasan yang akan diperolehnya di syurga.” (HR. Muslim).

Wudhu dapat merontokkan kesalahan-kesalahan seorang muslim. Dari Usman bin Affan Ra., dia berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: ‘barangsiapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya (menyempurnakan sesempurna mungkin), maka keluarlah kesalahan-kesalahannya sehingga keluarnya itu sampai dari bawah kuku-kukunya.’” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain dikatakan, dari Abu Hurairah Ra. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: “Apabila seseorang hamba yang Muslim atau mu’min itu berwudhu, lalu ia membasuh mukanya, maka keluarlah dari mukanya itu semua kesalahan yang disebabkan ia melihat padanya dengan kedua matanya dan keluarnya ialah beserta air atau beserta tetesan air yang terakhir. Jika ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari kedua tangannya itu semua kesalahan yang dilakukan oleh kedua tangannya beserta air atau beserta tetesan air yang terakhir. Selanjutnya apabila ia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah semua kesalahan yang dijalankan oleh kedua kakinya beserta air atau beserta tetesan air yang terakhir, sehingga akhirnya keluarlah ia dalam keadaan suci dari semua dosa.” (HR. Muslim).

Dalam sebuah redaksi hadis yang panjang, beliau bersabda: “… Sesungguhnya ummatku yang akan datang itu ialah dalam keadaan bercahaya wajahnya serta putih bersih tubuhnya dari sebab berwudhu dan saya adalah yang terlebih dulu dari mereka itu untuk datang ke telaga (haudh).” (HR. Muslim)

 

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur :

1. merilekskan otot-otot sebelum beristirahat.

Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan..Bisa dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam beraktifitas, Sangat diambil dampak positifnya bahwa jika seseorang itu telah melakukan wudhu, Maka pikiran kita akan terasa rileks.. Badan tidak akan terasa capek

2. mencerahkan kulit wajah.

Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

3. Didoakan malaikat.

Dalam sabda Beliau yang disinggung pada bagian atas, Malaikat akan senantiasa memberikan do’a perlindungan kepada umat muslim yang senantiasa wudhu sebelum tidur, Malaikat adalah makhluk yang senantiasa berdzikir kepada Allah,Niscaya do’anya akan senantiasa dikabulkan pula oleh Allah

Kajian Ilmiah, Wudhu Mencegah Penyakit

Ilmu pengetahuan modern telah menetapkan bahwa orang-orang yang selalu berwudhu,      mayoritas hidup mereka senantiasa bersih dan terbebas dari bakteri. Ketetapan ini diambil setelah diadakan pemeriksaan melalui mikroskop terhadap ‘ladang’ bakteri pada sekelompok orang yang berwudhu secara teratur dan sekelompok orang yang jarang berwudhu. Hasilnya, orang yang rajin berwudhu  tubuhnya bersih dari ‘ladang’ bakteri.

Sebaliknya, orang yang tidak pernah berwudhu terdapat bermacam ‘ladang’ bakteri pada anggota tubuhnya. Sebagian besar diantaranya berupa bakteri bulat berkelompok dan sangat berbahaya. Jenis bakteri ini sangat cepat menyebar. Ia pun merupakan organisme yang menyebabkan banyak penyakit.

Selain itu, wudhu juga menghindari kita dari bahaya keracunan. Mengapa? Keracunan itu terjadi karena adanya pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam lubang hidung.

Dari lubang hidung ini, bakteri masuk ke dalam lambung dan usus sehingga menimbulkan radang dan berbagai penyakit, terutama bila bakteri itu telah masuk ke peredaran darah.Oleh karena itu Islam mensyariatkan istinsyaq (menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya) sebanyak tiga kali setiap wudhu.

Adapun syariat berkumur-kumur, telah terbukti bahwa itu dapat menjaga mulut dan tekak (saluran antara rongga mulut dan tenggorokan) dari berbagai macam radang, menghilangkan sisa-sisa makanan yang barangkali masih tersisa di dalam mulut. Telah terbukti secara ilmiah bahwa 90% dari sekelmpok orang yang kini tidak memiliki gigi, seandainya dahulu mereka memperhatikan kebersihan mulut, mereka tidak akan kehilangan gigi sebelum masanya.

Jika mulut tidak dibersihkan maka materi bernanah dan sisa makanan yang busuk di mulut akan bercampur dengan air liur dan makanan. Lambung akan menghisapnya dan akan mengalir ke aliran darah. Darah akan meneruskannya ke seluruh anggota badan. Ini akan menyebabkan banyak penyakit.Berkumur-kumur juga mampu melatih otot wajah sehingga terlihat lebih awet muda. Latihan seperti ini jarang sekali mendapatkan perhatian dari guru-guru olahraga. Mereka memfokuskan untuk melatih otot-otot besar saja.

Para ahli wudhu akan selalu berusaha menyempurnakan wudhunya. Mereka berusaha menghayati filosofi dari aktivitas wudhu yang dilakukannya. Wudhu mereka melampaui batasan fikih wudhu. Wudhu mereka sudah mencapai ke aspek kejiwaan dan hikmah tertinggi dari aktivitas membasuh sejumlah anggota wudhu. Dengan membasuh muka, mereka berharap wajah mereka terlindungi dari dosa yang dilakukan mata. Ketika membasuh tangan mereka berharap tangan mereka terjaga dari dosa yang belum dilakukan dan dibersihkan dari kekhilafan yang dilakukan di masa lalu. Saat mengusap kepala, mereka berharap agar pikiran mereka terlindungi dari pikiran-pikiran yang tidak syar’i. ketika membasuh telinga, semoga hal itu dapat menghapuskan dosa yang dilakukan oleh telinga. Dan ketika membasuh kaki, mereka berdoa agar Allah senantiasa membimbing mereka agar tetap berada di jalan yang lurus (Islam).

Begitulah keajaiban wudhu yang ritualnya hanya ada di dalam ajaran Islam. Semoga kita senantiasa menjadi ahli wudhu sepanjang hari memelihara kesucian jiwa, pikiran, hati, lisan, dan seluruh tubuh kita.

Semoga kita selalu mendawamkan wudhu bagi umat kita umat islam, hanya ajaran islam yang megamalkan wudhu dan mendawamkankan, dengan wudhu kita akan senantiasa sehat dengan cara alami ujar ustazah fitri.

(HARDA)wudhu-4