Table Manner Mahasiswi PGTK di Hotel Berbintang

Oleh: Siti Nur Hidayah

PGTK Darunnajah mengadakan kegiatan Table Manner pada hari rabu, tanggal 2 juli 2008 di hotel Sofyan Cikini Jakarta Pusat. program ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Kesehatan dan Gizi. yang diampu oleh dosen Tuti Rusmawaty, S.Pd. Kegiatan ini diikuti 64 orang yang terdiri atas: 55 mahasiswi PGTK, 9 dosen dan pengelola.  

            Table manner adalah suatu tata cara makan yang baik dan benar, sesuai dengan ketentuan dan kelaziman yang berlaku secara internasional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana seharusnya makan dan minum yang baik dan benar, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat diri seseorang dan juga untuk mengetahui tata cara pergaulan internasional, serta untuk mengetahui tata cara makan yang baik dan benar sesuai dengan ajaran Islam.

K egiatan ini dilaksanakan pada jam 11.30 s.d. 15.30. dengan uraian kegiatan sebagai berikut: (1) Registrasi, (2) Pengantar dan keliling hotel, (3) Table manner, (4) Shalat Dhuhur, (5) Doorprize, (6) Foto bersama dan pemberian sertifikat.

Pengetahuan table manner meliputi: (1) Pengertian menu, (2) table set up (menata meja), type service (macam-macam pelayanan), (3) pengetahuan dasar macam-macam restaurant, dan (4) service equipment (nama-nama peralatan).Menu yang disajikan adalah: (a) Cream Soup dan Garlic Bird, (b)  Mix Salad, (c)  Chicken Steak, dan (d)    Fruit Cocktail.

            Acara table manner sangat menarik terutama dengan adanya doorprize dari pihak hotel, beberapa mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan materi yang telah disampaikan oleh  trainer mereka mendapatkan doorprize.

Table manner tahun lalu dilaksanakan di Hotel Wiyata Depok. Tahun-tahun sebelumnya, praktikum Kesehatan dan Gizi dilaksanakan di Kampus STAI Darunnajah di Cipulir.

            Dengan pelaksanaan table manner ini, diharapkan mahasiswa sebagai calon guru TK memiliki pengetahuan dan wawasan sehingga akan menambah kepercayaan diri.