Cidokom – Menjelang berakhirnya kegiatan pengajaran di Pesantren Annur Darunnajah 8, jam 13.40 selepas makan siang para santri dan santriwati kembali menuju ruang belajar guna melaksakan Ujian Pelajaran Sore atau biasa dikenal oleh para santri dengan istilah Darsul Masa. Berbicara sedikit terlebih dahulu tentang Darsul Masa. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan pesantren dalam mendidik santrinya, terutama bagi santri senior karena pengajaran yang dilakukan tidak lagi melibatkan guru tetapi juga para santri senior untuk ikut terlibat dalam proses pengajaran santri.

Ujian Darsul Masa akan berlangsung selama 5 hari kedepan dimulai pada hari sabtu dan berakhir pada hari rabu, adapun pelajaran yang diujikan pada ujian ini yaitu pelajaran-pelajaran sore yang sedikit berbeda dengan pelajaran pada saat pengajaran dipagi hari, yang nantinya nilai dari ujian tersebut akan dimasukkan kedalam raport mental santri yang akan dibagikan sebelum perpulangan santri.

Selain itu santri senior yaitu mereka santri dan santriwati kelas 6 TMI bertanggung jawab sebagai panitia kelancaran Ujian Darsul Masa mulai dari pembuata soal-soal ujian, penertiban ruang ujian yaitu sebagai pengawas ruang ujian serta ikut membantu guru-guru mengawal santri dalam kegiatan belajar malam, sungguh pesantren mengajarkan kepada seluruh santrinya untuk tidak hanya menjadi objek tetapi subjek, tidak hanya menjadi penonton.