Suasana Penyembelihan Qurban di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta
Menu

Suasana Penyembelihan Qurban di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji merupakan salah satu hari besar yang dirayakan oleh seluruh umat muslim di belahan dunia, dimana pada hari tersebut dilaksanakan 2 ibadah sunnah tahunan yaitu, Shalat Idul Adha dan juga penyembelihan hewan qurban. jika dengan sholat Idul Adha kita pasti sudah familiar karna kita juga melaksanakannya di Idul Fitri, Namun bagaimana dengan penyembelihan hewan qurban ?

Penyembelihan hewan qurban merupakan bentuk ketakwaan dan kecintaan kita pada Allah SWT. apabila kita belum mampu untuk melaksanakan ibadah haji. Awal mula ibadah berqurban berawal dari syariat yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim Alaihissalam mendapat mimpi bahwa ia harus menyembelih Nabi Ismail Alahihissalam putranya

Adapun dalil yang mendasari ibadah qurban ini ialah , firman Allah SWT. dalam QS. Al Hajj ayat 36 ” Dan telah kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian daripada syiar Allah, kamu mendapatkan kebaikan yang banyak padanya “. Hukum ibadah qurban hukum adalah Sunnah Kifayah. Namun, Apabila salah seorang anggota keluarga telah melakukan (qurban), gugurlah tuntutan sunnat manunaikannya bagi semua anggota keluarga.

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, Jumat 31 Juli 2020 / 1o Dzulhijjah 1441 H telah melaksanakan penyembelihan hewan qurban di depan Gedung Rektorat. Jajaran panitia bersama Asatidz dan Asatidzah melakukan proses dari pemotongan hewan qurban hingga pengulitan hewab qurban dilakukan bersama sama dan diakhiri dengan makan bersama di dapur tata boga Gedung Fatahillah II.

Ada yang berbeda dari Idul Adha tahun sebelum sebelumnya, dimana tahun ini jumlah hewan yang di qurbankan hanya 11 kambing dan 5 sapi. Di tahun sebelum sebelumnya, kambing yang di qurbankan bisa mencapai 100 ekor kambing dan beberapa sapi, ini semua dikarenakan oleh pandemi yang sedang melanda saat ini. Jika biasanya daging qurban juga di distribusikan kepada santri untuk acara makan besar, tidak dengan tahun ini karna santri sedang dirumahkan.

Suasana Idul Adha semakin terasa ketika malam tiba, Gema takbir bersuara dari Masjid Jami’ Darunnajah dan juga acara bakar sate oleh asatidz menutup kegiatan pada Hari Raya Idul Adha 1441 H.

(darunnajah.com/auliichsanul)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rapat Koordinasi Musyrif Kamar Pengasuhan Santri

Ahad (09/08/2020) Biro Pengasuhan Santri melakukan rapat bersama dengan para musyrif kamar seluruh rayon untuk menyampaikan beberapa poin mengenai peran musyrif sebagai pembimbing kamar setiap

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tadabbur Al Qur’an, Memetik makna hikmah yang sesungguhnya

يُؤْتِى ٱلْحِكْمَةَ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ ٱلْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ “Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.