Menu

Ternyata Steve Jobs Dan Bill Gates Mengasuh Anaknya Tanpa Teknologi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Steve Jobs Dan Bill Gates

Tidak bisa dimungkiri, teknologi sudah melekat pada kehidupan manusia modern. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun sering kali menggunakan teknologi, seperti komputer atau smartphone untuk memuaskan kebutuhan mereka, terutama untuk hiburan.

Namun, uniknya, dilansir dari thisisinsider.com, ternyata Bill Gates dan Steve Jobs sebagai orang elite yang membesarkan teknologi dunia, membatasi penggunaan teknologi terhadap anak-anak mereka. Apa sebabnya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Penggunaan smartphone berbahaya untuk otak anak-anak dan remaja

Penggunaan Smartphone Oleh Remaja
Menurut laporan dari National Vital Statistics Reports, smartphone berbahaya bagi otak remaja karena bisa mengakibatkan depresi. Penyebabnya adalah penggunaan media sosial yang berlebihan.

Adapun, risiko depresi terbesar terjadi pada anak kelas delapan yang melonjak hingga 27 persen. Bahkan lebih fatal lagi, di Amerika angka kematian karena bunuh diri telah melampaui angka kematian karena pembunuhan.

2. Bill Gates membatasi anaknya bermain video game

Virtual Reality Game (VR)

Pada 2007, mantan CEO Microsoft, Bill Gates membatasi anaknya berada di depan layar sejak anaknya mulai adiktif dengan video game. Selain itu, dia baru memberikan smartphone saat anaknya berumur 14 tahun.

Dia khawatir akan efek buruk terlalu lama di depan layar. Sementara, rata-rata anak-anak sekarang mendapatkan smartphone saat berumur 10 tahun.

3. Sementara, Steve Jobs melarang anaknya menggunakan iPad yang baru saja dirilisnya

Penggunaan Ipad Oleh Anak Di Bawah Umur

Selain Bill Gates, Steve Jobs pun membuat peraturan ketat terhadap penggunaan teknologi terhadap anaknya. Menurut wawancara dengan New York Times pada 2011, dia melarang anak-anaknya menggunakan iPad yang baru saja dia rilis.

”Kami membatasi seberapa banyak teknologi yang digunakan anak-anak kami di rumah,” ucap Bill Gates.

Hal tersebut sangat ironis mengingat banyak sekolah modern yang telah menggunakan iPad untuk kegiatan belajar-mengajar. Menarik juga ya.

4. Akan ada masanya anak-anak bisa menggunakan teknologi

Penggunaan Teknologi Ada Masanya

Dengan banyaknya efek negatif dari teknologi terhadap anak-anak dan remaja, ada baiknya orangtua lebih bijak untuk membatasi penggunaannya. Akan ada masanya anak-anak bisa menggunakan teknologi, saat mereka sudah jauh lebih dewasa. Selain itu, orangtua pun perlu sadar bahwa penggunaan teknologi gak sekadar untuk hiburan, namun juga untuk belajar.

Orangtua perlu mencontoh bagaimana Bill Gates dan Steve Jobs membatasi anak-anaknya dalam menggunakan teknologi. Meski mereka yang menciptakan teknologi modern, bukan berarti mereka sembarangan memberikannya pada anak-anak mereka. Justru karena tahu akan dampak buruknya, mereka membatasi penggunaannya.

Sungguh beruntung sekali kita sebagai santri dapat terhindar dari bahaya penggunaan Teknologi, di dalam pesantren kita di didik 24 jam penuh yang dapat membuat kita menjadi manusia yang memiliki karakter dan mental tangguh.

(Santri Tv/Rafi)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

15 Hari Menuju Ramadhan
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

15 Hari Menuju Ramadhan Apa Persiapan Mu?

Ramadhan sebentar lagi… يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ [البقرة : 183] (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan