“Guru adalah Profesi yang mulia dan Terhormat, maka guru dalam menjalani Profesinya harus memiliki Sifat-sifat Guru”. Demikian Muqadimah Ust Faruq Abshari S.Pd.I dalam kesempatan Mengisi Materi pada Pelatihan Guru Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Al-Quran, Hari Senin 8 November 2010. Sesi Pertama yang diawali pada jam 14.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB ini berjalan dengan sangat interaktif dan menarik. Karena Selain ada Kesempatan tanya Jawab, Ustadz yang memiliki 3 orang anak ini mengambil beberapa contoh unik berdasarkan Pengalaman Pribadi selama menjadi Santri di Gontor. Beberapa sifat bahkan kebiasaan guru masih dapat di ingat dengan baik, apa lagi dengan pepatah “Guru, di gugu dan Ditiru”, maka seorang guru harus memiliki sifat-sifat yang baik agar siswa juga dapat ‘meiru’ sifat-sifat mulia.

Dari pertemuan selama 60 menit ini, Miftahul Jannah, Siswa Kelas 3 B Madrasah Aliyah yang manjadi Moderator pada Pertemuan Pertama menyimpulkan bahwa ada beberapa Sifat yang harus di miliki oleh seorang Guru yang baik diantaranya adalah:

1.       Mempunyai Akhlak yang Mulia

2.       Mempunyai Niat yang Ikhlas, Kemauan yang kuat dan Tanggung Jawab

3.       Sehat jasmani dan Rohani

4.       Bebas dari Sifat Tercela

5.       Menguasiai Didaktik dan Metodik

6.       Mengetahui Ilmu Jiwa

7.       Memiliki Referensi yang Cukup

8.       Pandai Memilih Materi

9.       Mampu membuat RPP (Persiapan)

10.   Mampu Mentransfer Ilmu Pengetahuan kepada Siswa

11.   Semangat dan Sungguh-sungguh dalam melaksanakan Tanggung Jawabnya

12.   Memiliki Penampilan yang Menarik

13.   Mampu membawa Suasana yang Menyenangkan

14.   Memiliki Persiapan Yang Matang

15.   Dapat Menguasai Kelas

16.   Adil, Berani dan Sabar

17.   Suaranya Jelas (Lantang)

18.   Mengethui Tujuan Materi yang di Ajarkan

19.   Badan dan Pakaiannya Sehat dan Bersih.

Seperti yang disampaikan oleh Ustadz yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Pendidikan ini bahwa Profesi Guru tidak pernah habis. Profesi Guru akan selalu dicari dan dibutuhkan, “Selama Manusia Melahirkan manusia”. Kemajuan Negeri ini tidak lain adalah berkat jasa Para Guru. Mudah-mudahan Para santri yang baru kelas 2 Madrasah Aliyah dan SMK ini menjadi Guru Teladan, dan dapat Mendidik Para Generasi Anak Bangsa, berdasarkan Sifat dan Akhlak yang Mulia. [Wardan/Kang DR]