Mengawali rangkaian acara penutupan kegiatan ekstrakurikuler untuk semester pertama (ganjil), Organisasi Siswi Darunnajah Cipining (OSIDC) menyelenggarakan lomba pidato 2 bahasa (Indonesia & Arab) dengan tema ‘Show Off Your Talent’ yang diikuti siswi kelas VII MTs hingga X MA, Senin (15/11). Dari seleksi pada latihan mingguan, panitia yang terdiri dari bagian pengajaran ini mengikutsertakan 3 kontestan dari setiap cabang.

Dalam hasil penjurian oleh dewan juri, Ustadz Muhammad Musta’in dan Ustadz Hamdani, didapat peserta terbaik yaitu Baitul Uliyah sebagai terbaik pertama di cabang pidato bahasa Indonesia dan Shofiyatul Zakiyah pada  pidato bahasa Arab.

Muhadloroh Kubro

Dari hasil lomba pidato di atas, panitia menampilkan para orator tersebut di depan seluruh siswa-siswi dan dewan guru dalam kegiatan muhadloroh kubro. Selain keduanya, Neng Cicih, siswi kelas IX MTs turut melengkapi dengan pidato berbahasa Inggris.

Dalam muhadloroh yang diselenggarakan  di aula pesantren seusai sholat Dzuhur, Senin (22/11) lalu, pembimbing panitia, Ustadzah Tini Rustini, berkesempatan memberikan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan rutin ini. “Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, pengurus OSIDC dapat melaksanakan muhadloroh seperti ini. Semoga ini menjadi lebih baik dari sebelumnya”

Masih dalam kesempatan yang sama, kepala Biro Pengasuhan, Ustadz Achmad Rosichin, S.Pd.I. mengatakan bahwa kegiatan tersebut hendaknyalah diikuti dengan baik terutama bagi kelas-kelas yang akan menggantikan pengurus di kemudian hari. “Siapkan lebih baik dari ini, karena kegiatan kita haruslah semakin baik dan semakin baik!”

Kemudian memasuki sesi penampilan, acara yang dipandu oleh Siti Istiqomah dan Christine Magdalena Zefanya Wesplat semakin seru. Usai setiap penampilan yang digelar di panggung, pembawa acara meminta tanggapan dari para Ustadzah dan penonton lain. Maka tanggapan yang diberikan adalah “Luar biasa. Tak bisa dikata, keren abis…..”

Berbagai penampilan yang turut meramaikan pada kegiatan ini antara lain yaitu pembacaan puisi bertema musibah dan hikamah (kelas X SMK), parade iklan (kelas VII MTs), nada dan dan sastra (kelas X MA), dan lainnya. “Boleh deh penampilannya” Ujar Ustadz Irfan, Ustadz Hamdani, serta Ustadz Mu’allim Fajri  yang menonton kegiatan hingga usai.

Sementara pada penjelasannya kepada BOOM, ketua panitia, siti Istiqomah mengaku bahwa  Muhadloroh kubro diselenggarakan untuk meningkatkan prestasi yang terpendam pada diri siswi-siswi non asrama terutama di dalam bidang berpidato. “Dan ini terbukti kan, para orator kita bisa diandalkan. Meski acara ini sempat tertunda beberapa hari, namun kami cukup puas ”. (Wardan/Billah)