Hari Selasa, 5 Januari 2016 Kelas 6 TMI diagendakan untuk menyampaikan Laporan Pelaksanaan Praktek Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) dan Riset dihadapan seluruh santri. Pelaksanaan PDPM dan Riset yang telah dilaksanakan selama 10 hari, selama liburan kemarin tentu saja terdapat pelajaran berharga dan cerita menarik yang perlu disampaikan, khususnya kepada seluruh adik kelas yang kelak pun akan mengalami kegiatan yang menjadi favorit para santri ini.

Dua kegiatan ini dilakukan oleh dua lembaga yang berbeda, untuk PDPM dilaksanakan oleh santri Madrasah Aliyah Darunnajah 2 Cipining, bentuk kegiatannya adalah pengabdian dan bersosialisasi di Masyarakat, mengikuti Pengajian di Masyarakat, MEnghidupkan Masjid, Membantu Masyarakat, Membersihkan Lingkungan, Mengajar Mengaji untuk anak usia SD dan SMP, dan Silaturahmi serta meminta nasehat kepada tokoh masyarakat setempat.

Sementara kegiatan Riset dilaksanakan oleh santri SMK Darunnajah 2 Cipining, bentuk kegiatannya adalah silaturahmi kepada objek yang sedang diteliti dan di Riset, dalam hal ini adalah seluruh alumni SMK Darunnajah. Diantara instrumentnya adalah jumlah alumni yang sudah dan belum berkerja, alumni yang masih menggunakan Jilbab (Perempuan) dan masih rajin melaksanakan shalat 5 waktu dan seterusnya.

Salah satu kegiatan PDPM

Salah satu kegiatan PDPM

Laporan kegiatan PDPM dan Riset ini dihadiri oleh seluruh santri, mulai dari kelas 1 sampai kelas 5 TMI (yang terdiri dari Kelas 1-3 MTs dan SMP, Serta Kelas 1-2 MA dan SMK). Untuk Kegiatan Laporan PDPM Putri, pesertanya adalah Kelas 1-3 MTs Putrid an Kelas 1-2 MA Putri, tempatnya di Masjid Kampus 1. Sementara untuk kegiatan Laporan PDPM Putra, pesertanya adaah kelas 1-3 MTS Putra dan Kelas 1-2 MA Putra, tempatnya di Masjid Kampus 3. Dan terakhir, untuk Pelaksanaan Laporan Riset SMK, Pesertanya terdiri dari Kelas 1-3 SMP Putra dan Putri, serta kelas 1-2 SMK Putra dan Putri. Tempatnya di Masjid Kampus 2.

Untuk waktu pelaksanaan, semuanya serentak, mulai pada Jam Pertama KBM yakni Pkl 7.00 WIB sampai waktu Dzuhur. Acara tersebut juga akan dihadiri oleh pada pendamping dan guru-guru yang diundang, khususnya Kepala Bidro Dakwah dan Humas serta Pengawas Pesantren pun diagendakan untuk menghadiri acara tersebut. [WARDAN/Deni]