Semarak Pramuka Dengan Ujian Bantara

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Derap kehidupan pesantren yang sarat dengan kegiatan akademik maunpun nonakademik mendorong setiap santri untuk selalu berlomba menunjukkan prestasinya. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib dan sangat diminati santri Darunnajah Cipining adalah pramuka, salah satunya ialah Bantara (tingkat pertama dari golongan Penegak), pada tahun ini adalah tahun terbesar diadakannya ujian pramuka bantara.

Dimulai Pada, 3 Mei 2012 para andika penegak bantara Gudep Darunnajah Cipining melaksanakan kegiatan yang diikuti oleh 161 peserta (andika kelas X MA, dan  andika kelas XI MA).

Pada tahun ini Ujian Pramuka Penegak Bantara dilaksanakan dalam 5 gelombang dan untuk yang gelombang pertama di utamakan oleh kelas 5 TMI asrama putri dan non asrama putri yang diikuti 52 peserta bertempat di lapangan kampus 2 dan untuk gelombang yang kedua di ikuti oleh andika kelas 5 putra asrama dan non asrama yang berjumlah 17 peserta bertempat di lapangan futsal kampus 1 berikutnya gelombang ketiga di ikuti oleh andika kelas 4 TMI putri asrama berjumlah 51 yang bertempat dikampus putri dan lapangan kampus 2, gelombang ke empat untuk andika kelas 4 TMI putra asrama dan non asrama dengan jumlah 30 peserta bertempat di lapangan basket dan diteruskan berjalan malam menuju Jasinga dan untuk gelombang yang terakhir yaitu untuk ujian bantara susulan yang diikuti peserta kelas 5 TMI putri non asrama yang belum mengikutinya sebanyak 11 peserta. Kegiatan ini berakhir pada hari jum’at pagi , 8 Juni 2012.

Walaupun selama kegiatan ini dalam suasana hujan,panas dan dinginnya angin malam, para peserta tampak semangat. Dengan penuh semangat mereka meneriakkan yel-yel andalan kelompok masing-masing.

Pada kesempatan kali ini kegiatan pramuka dipanitai oleh pembimbing pramuka dari dewan guru sampai pada gelombang kedua, dan pada gelombang ketiga sampai terakhir dibantu oleh peserta yang sudah mengikuti ujian bantara yaitu kelas 5 TMI asrama maupun non asrama.

Hal yang paling menegangkan adalah ketika para peserta harus dipisahkan dari  masing-masing kelompok satu persatu pada malam hari untuk mengambil dek bantara. Setiap andika harus dapat mengikuti jejak jalan menggunakan cahaya lilin yang telah disediakan. Berbagai jeritan mulai terdengar, ditambah sibuknya panitia menguji keberanian para andika.

Kegiatan ini sangat positif bagi para Andika, khususnya kami yang baru saja mengenal berbagai hal baru dalam tingkat Penegak. Selain dilatih mentalnya, kami pun dilatih untuk lebih teliti dalam segala bidang, ujar Kartika Arum Djibran, salah satu peserta dari kelas X.

Ujian Setiap gelombang dilaksakan selam dua hari dari hari kamis samapai hari jum’at dan syarat untuk mengikuti ujian bantara ini andika harus meyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) Penegak Bantara dengan melaporakan kepada Pembimbing Pramuka.

Dan setiap jum’at pagi setelah ujian bantara Ka Mabikori ustadz Syaeful Hadi, M.T, S.Pd.I. Ka Mabikori berkenan melantik dengan pembacaan Janji Trisatya sekaligus memakaikan dek Bantara secara simbolis kepada salah satu andika sebagai tanda bahwa andika telah lulus ujian pramuka bantara . [Wardan/AddNine&Annisa].

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathul Mu’jam Santri Kelas 5 TMI

Cidokom Post – Tepat Minggu (20/09), Santriwan dan Santriwati Kelas 5 TMI Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom melaksanakan kegiatan belajar yang bernama Fathul Mu’jam.