Seberapa Penting Belajar itu?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on telegram

Belajar adalah pekerjaan yang harus bagi setiap manusia, dengan belajar kita akan dapat meningkatkan wawasan, membuka cakrawala pemikiran dan lain sebagainya. Baik murid di Sekolah SD, SMP, SMA, Pesantren, Mahasiswa Universitas bahkan kita yang sudah lulus dari jenjang pendidikan juga tetap harus belajar karna menuntut ilmu adalah penting.

 

Mengapa demikian, sebab manusia yang hidup tanpa ilmu maka hidupnya tidak akan terarah, dia tidak akan tau mana jalan yang benar mana yang salah. Sekalipun dia menetukan pilihan maka dia akan memilihnya dengan perasaan bukan akalnya. Keharusan untuk belajar juga ada pada hadist dibawah ini,

 

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

 

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913)

 

Perlu disadari juga bahwa belajar bukan hanya sekedar membaca buku, mendengarkan guru menjelaskan materi pelajaran,akan tetapi belajar dapat kita lakukan lewat berorganisasi, kepanitian dan lain-lain.

Hanya saja hasil yang didapat berbeda-beda, maksudnya jika kita belajar melalui organisasi yang bisa dibilang pendidikan non akademis maka hasilnya akan lari kepada sikap, mental kita, yang mana itu juga penting untuk ditingkatkan.

Sedangkan dengan kita membaca buku, maka akan bertambah kepandaian kita, wawasan dan level pemikiran akan meningkat.

jadi sudah sampai mana kita belajar hari ini?

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah