Santunan Sosial : Kepedulian Nihai di Bulan nan Suci
Menu

Santunan Sosial : Kepedulian Nihai di Bulan nan Suci

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sabtu, 10 Ramadhan 1428 H bertepatan dengan 22 September 2007 merupakan hari bersejarah bagi segenap santri Niha’i (kelas VI TMI). Saat itu mereka didampingi Ustadz Syarqi Ali bekerja sama dengan Biro Dakwah dan Humas Pesantren menyelenggarakan kegiatan “Ifthar Jama’i dan Santunan Sosial”. Dalam kegiatan ini terkandung unsur memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa serta menyantuni anak yatim dan dhuafa. Tak ayal lagi kegiatan ini adalah moment yang tepat untuk menuai pahala di bulan suci Ramadhan.

Sore itu suasana lapangan basket di depan masjid jami’ terasa begitu semarak. Di sana sudah dipasang beberapa tenda. Di bagian depan juga sudah terpasang sebuah panggung berikut aksesoris dan dekorasinya. Grup Qasidah Putri kelas Niha’i tampil menyambut para tamu yang telah hadir dengan melantunkan shalawat Ahlan Wa Sahlan Ramadhan, disusul oleh Grup Marawis Putra dengan lantunan lagu-lagu khas padang pasir yang memanjakan telinga para hadirin. Acara ini dihadiri oleh seluruh dewan guru, santri, dan karyawan pesantren.

Waktu semakin sore, dan MC pun membuka acara. Bertindak selaku pembawa acara adalah Ahmad Haryadi dan Raden Rino (keduanya santri kelas Niha’i). Kemudian ayat-ayat suci Al Quran dilantunkan secara duet oleh Asnawi dan Khusnul Mubarok (kelas Niha’i). Para tamu yang hadir tampak khusyu’ menyimak. Tampak hadir beberapa pengurus Yayasan Darunnajah Jakarta, Komandan Koramil Cigudeg, Babinsa Desa Argapura, Kapolsek Cigudeg, serta para tokoh Masyarakat dari Kampung Cipining, Lebak Wangi, dan Tipar. Terhitung warga pesantren dan seluruh tamu yang hadir berjumlah 1062 orang.

Selanjutnya adalah laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Hijrah Syaputra, dilanjutkan dengan sambutan Pimpinan Pesantren. Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan secara simbolis oleh Pimpinan Pesantren kepada anak yatim dan kurang mampu sekaligus perfotoan. Turut memberikan santunan pula saat itu, para tamu undangan dari Yayasan Darunnajah Jakarta, Ustadz Drs. H. Musthofa Hadi Chirzin (Pimpinan Pesantren Al-Mansur Serang), Ustadz Drs. H. Saefullah Kamalie, Lc., M.Hum. (Dosen STAIDA dan Univ. Al-Azhar Jakarta), Ustadz H. Abdul Haris Qodir (Sekretaris Yayasan Darunnajah), dan Ustadz H. Noor Badri, B.B.A (anggota Yayasan Darunnajah). Acara selanjutnya adalah sambutan dari Kapolsek Cigudeg, disusul kemudian penampilan Grup Marawis dan Nasyid Islami Niha’i Putra. Pada saat yang sama segenap santriwan/ti kelas Niha’i yang tergabung dalam kepanitiaan tampak membagi-bagikan ta’jil karena waktu berbuka sudah menjelang. Rangkaian acara kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh K.H. Abdul Wahab (tokoh masyarakat kampung Tipar).

Maghrib telah tiba. Segenap tamu yang hadir berduyun-duyun ke masjid untuk menunaikan shalat Maghrib berjamaah. Usai shalat acara dilanjutkan dengan ramah tamah (makan malam) sekaligus pembagian door prize bagi yang mampu menjawab pertanyaan dari panitia. Suasana cukup hidup. Para santri berebut kesempatan untuk tunjuk jari dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pada saat itu juga berlangsung pendistribusian santunan ke Kampung Cipining dan Lebak Wangi. Santunan berupa bingkisan berisi pakaian shalat dan sembako ini didistribusikan oleh panitia dibantu beberapa ustadz.

Penerima santunan sosial ini terdiri dari 83 anak yatim dan 26 anak keluarga tidak mampu. Kegiatan ini menelan dana sebesar Rp. 26.351.500,- . Dana tersebut bersumber dari Kas kelas Niha’i, TU Pesantren dan para dermawan.

Secara keseluruhan kegiatan santunan ini berjalan lancar berkat kerja sama Pesantren dengan berbagai pihak seperti PT Angkasa Pura II Cengkareng, Lemigas, PT Pos Indonesia, dan BAZNAS Pusat Jakarta. Orang tua/wali santri juga cukup berperan dalam hal ini, di antaranya keluarga Bapak Badaruddin (wali Nurdiansyah Kelas Niha’i) dan orang tua Bustanul Arifin kelas Intensif.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait