Santri, Siap Siaga Hadapi UAS

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

1373587396175“al-imtihaanu fii itaabatilbaab”. Kalimat pendek tersebut terus saja disampaikan di masjid seusai sholat oleh bagian pengajaran dan guru-guru pengasuh asrama tentang sosialisasi betapa ujian sudah di depan mata.
Terhitung hari ini, selasa, 26 nopember 2013, maka ujian tinggal menyisakan 4 hari saja, yang rencananya akan diselenggarakan serentak di 3 kampus Darunnajah pada sabtu, 30 nopember 2013. Otomatis waktu yang tersisa tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh santri Darunnajah Cipining.

Sudah dari seminggu lalu bahkan, guru-guru setiap memasuki ruang kelas mengingatkan ujian sudah dekat. Otomatis dengan informasi yang terus menerus tersebut segera direspon sebagian besar santri dengan cara yang beragam. Ada sebagian dari mereka yang semakin memaksimalkan waktu-waktu belajar lebih serius lagi, ada yang masih saja berusaha menghafal setoran ibadah amaliyah sebagai syarat utama mendapat kartu untuk masuk ke ruang ujian. Tidak sedikit juga bagi santri yang sudah selesai setoran ibadah amaliah beralih ke materi hafalan-hafalan yang lain, mahfudzot, muthola’ah yang juga akan diujikan di ruang ujian lisan bahasa arab.

Tapi benarkah semua sudah mempersiapkan diri menghadapi UAS semester 1 ini?, mari kita simak penuturan beberapa santri MA kelas XI dan XII.
“insyaAllah saya sudah menyiapkan diri menghadapi ujian dengan mulai mempelajari pelajaran-pelajaran yang akan diujikan di ruang ujian lisan” ujar santri yang berasal dari Jakarta ini, Abid Rosa Januar. Ungkapan senada juga dilontarkan oleh Ahmad Syarifuddin, “insyaAllah ista’adtu, innii darastu lughotan ‘arabiyyan wa lughotan alinziliziyyah, almuthola’ah, almahfudzot wa ghairu dzaalik”. Rupanya siaga santri sudah siaga 3 menghadapi ujian besok.

Lantas bagaimana dengan santri-santri baru kelas VII MTs dan kelas intensif dalam menghadapi ujian? Maklum..ujian kali ini adalah pengalaman pertama mereka semenjak masuk Darunnajah. Mari kita cek dan ricek persiapan mereka.

Rupanya banyak juga dari mereka yang masih bingung seperti apa ujian syafahi (lisan) bahasa arab dan bahasa inggris…akhirnya kakak-kakak kelas kerap jadi sumber referensi mereka, dan juga sudah ada dari mereka yang ambil langkah cepat setelah faham dengan menghafal materi-materi wajib yang diujikan di ruang ujian lisan.

Meski begitu, harapan semua pihak adalah seluruh santri sukses dalam menempuh ujiannya, dan bahkan kalau bisa pada ujian semester ini, banyak santri cipining yang bisa mendapatkan nilai sempurna dan mendapatkan beasiswa satu semester dari Pesantren, sebagaimana yang disampaikan Ust. Nasikun SE, pada saat apel mingguan hari sabtu lalu di hadapan ratusan santri TMI Darunnajah Cipining. (WARDAN/Elana TodoMoreHasan Basri)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Kedatangan Santri dan Ujian Pelajaran Sore

Nurul Ilmi Laksanakan Ujian Darsul Masa ( Pelajaran Sore )Ujian Pelajaran SorePengarahan ujian Syafahi pelajaran sore semester 1 Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 PamulangPengarahan

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Coaching Clinic Sepak Bola

Alhamdulillah telah terlaksana coaching clinic di Pesantren Annur Darunnajah 8. program ini tentunya merupakan bentuk dorongan bagi santri Annur, tidak tanggung-tanggung yang didatangkan adalah pemain