GIMANA SIH ?!!.. PESANTREN MEMULAI HARI DARI PAGI - PETANG
Menu

BAGAIMANA PESANTREN MEMULAI HARI

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

BAGAIMANA PESANTREN MEMULAI HARI

Banyak cara orang memulai harinya terumata pagi,Karena disitu dia mendapatkan banyak Keuntungan

 

  1. Bangun Jam 3 Untuk Dirikan Solat Malam
pesantren memulai hari
bangun & dirikanlah sholat malam

Ada banyak solat yang dapat kita kerjakan saat Malam hari,Kenapa Kita sebagai Santri Harus bangun Jam 3 malam ?.Karena Jam 3 malam itu adalah waktu yang tepat setelah tidur dari jam 10.00 s/d 03.00 itu sudah cukup,mengapa harus jam 3 malam, agar bisa mendirikan solat dengan tenang tanpa harus terburu-buru karena dikejar shubuh.

Setelah solat malam Selesai Santri Langsung Mengaji Sambil Menunggu Shubuh Tiba Jadi tidak ada waktu yang terbuang sia-sia karena harus menunggu waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk beribadah.

 

  1. Mengaji Setelah Shubuh Selama 15 Menit
pesantren memulai hari
mengaji dalam 15mnt

Kok kita Ngaji Lagi?.Ngaji itu kan tidak ada habisnya jadi setelah shubuh itu santri harus mengaji lagi dan membaca surah al-waqi’ah karena salah satu surah pembawa rezeki di pagi hari yaitu Al-Waqi’ah dan membaca al-ma’surat dipagi hari setelah mengaji.mengapa 15 menit ? minimal membaca Qur’an 15 Menit dan sudah mendapatkan 5 surah minimal untuk merasakan perbedaannya.

  1. Pemberian Kosakata Dan Percakapan
pesantren memulai hari
Percakapan & kosakata

Pemberian Kosa Kata atau biasa disebut vocabulary dipagi hari itu baik,Mengapa? Karena waktu dipagi hari itu otak dan pikiran masih jernih dan baru di jernihkan setelah bangun tidur sholat malam,sholat shubuh dan mengaji akan selalu diakan kosa kata dan percakapan atau biasa disebut Daily conversation Atau Percakapan Sehari-hari yang terdapat dibuku Daily conversation didalam buku itu kita diajarkan tentang percakapan yang sehari-hari kita gunakan dan kita disuruh menghafal percakapan yang disebutkan oleh Mudabirnya Mengapa? Agar kita tau keseharian kita itu seperti itu jika menggunakan bahasa dan dilengkapi dengan pemberian kosa-kata agar bisa menyeimbangi antara bahasa percakapan dengan kosa kata yang diberikan kita dapat mengembangin sendiri dengan bahasa yang telah kita pelajari.

  1. Mandi Sebelum Shubuh/Mandi Pagi

Mandi,Semua orang Pasti membutuhkan yang nama mandi tapi alangkah baiknya mandi dilakukan sebelum shubuh karena diwaktu seperti itu suhu tubuh kita masih merasa panas dan kita masih merasa lemas,oleh karena itu kita harus bangun minimal sebelum shubuh agar suhu tubuh kita stabil walaupun tidak semuanya bisa melaksanakan mandi sebelum shubuh.

Faktor yang Menyebabkan Jarang Mandi Pagi

  1. Susah bangun sebelum shubuhnya
  2. Suhu tubuh suka tidak sesuai dengan suhu alam
  3. Dalam keadaan sakit
  4. Suka kedinginan setelah mandi pagi

 

  1. Sekolah
pesantren memulai hari
UJIAN

Setelah Kita melaksanakan Seluruh rangkaian kegiatan pagi kita harus yang namanya sekolah,sekolah adalah salah satu cara memulai hari baru dengan datangnya pengetahuan baru dari guru-guru pengajar yang mengajari kita ilmu kehidupan,fisik,teori,praktek & perhitungan yang biasa kita pelajarin,di pondok modern biasanya ada pelajaran pondok atau pelajaran pesanten contonya:

  1. Fiqih
  2. Usul fiqh
  3. Tafsir
  4. Im’la
  5. Hadist
  6. Nahwu
  7. Shoroh
  8. Belajar bahasa arab

Dan beberapa pelajaran umum yang sering dipelajari di sekolah pada umumnya:

  1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  3. Sejarah
  4. Bahasa Indonesia
  5. Bahasa inggris
  6. Matematika

Dan lain Sebagainya tapi itu yang dapat memberikan kita ajaran baru agar kita dapat memahami apa yang harusnya kita mengerti,ada 4 jenjang dalam sekolah yaitu SD,SMP,SMA/SMK, & Universitas tapi yang wajib kita lakukan itu 3 saja karena kalo 3 jenjang itu tidak kita jalani maka kita tidak akan bisa mendapatkan pelajaran kehidupan walaupun ada orang yang bisa sukses tanpa harus sekolah,tidak semua manusia Bisa mendapatkan Pendidikan tapi minimal dia pernah merasakan susahnya belajar disuatu lembaga pendidikan atau biasa disebut sekolah bisa dia sekolah umum atau dia berada di pondok pesantren sama saja yang berbeda itu hanya cara mendidiknya saja.

di sekolah umum biasanya habis belajar disekolah terus langsung pulang dan tidak mempunyai aktifitas apapun dan biasanya akan keluar pikiran-pikiran negatif dan jarang membuat anak terebut berpikiran kreatif walaupun ada yang berfikiran kreatif .

Jika di sekolahkan di pondok pesantren bukan hanya berbasis asramanya saja bukan hanya bisa ngaji,bukan hanya bisa ceramah,bukan hanya bisa membaca kitab kuning dan lain sebagainya. Tapi kita itu menciptakan generasi yang bermutafaqih fiddin yang dapat memimpin bangsa dalam segi kehidupan yang sekarang ini,khususnya di pesantren pesantren modern sekarang sekarang ini yang telah banyak menciptakan kader-kader pemimpin umat bangsa dan Negara ini.

  1. Olahraga Dengan Waktu yang singkat
pesantren memulai hari
Olahraga Basket

Dikalangan orang biasa dapat berolahraga 2 hingga 3 jam sehari berbeda dengan santri yang hanya dapat berolahraga dalam waktu yang sesingkat-singkatnya yaitu 1 jam tapi jika di lakukan dengan sungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan keringat yang sesuai dengan apa yang ia kerjakan contohnya:

Pemain futsal latihan fisik selama 15 menit,trus dia sparing lawan trus langsung pendinginan setelahnya makan dia akan mendapatkan latihan yang maksimal.

Basket latihan fisik 20 menit trus bermain selama 40 menit kedepan dengan istirahat sebanyak 5 menit saja dan melakukan pendinginan selama 5 menit dan itu sudah cukup bagi seorang atlit untuk mendapatkan hasil latihan yang baik.

Tapi semua itu tak terlupakan dari yang namanya pemanasan dulu jika tidak melakukannya pasti akan menanggung resiko yang sangat fatal karena latihan yang dikeraskan hanya 1 jam saja jadi jika mereka tidak melakukan pemanasan akan sakit akibat cedera dari permainan atau olahraga yang mereka lakukan.

Semua santri telah menerapkan cara memulai hari seperti yang di atas yang telah diterapkan di pondok pesantren darunnajah 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tiga Tanda Kebahagian Seorang Muslim

Tidak ada satupun manusia di dunia ini kecuali dia sedang mencari dan mengharapkan suatu kebahagian, yaitu: “Kebahagiaan di dunia yang fana dan terlebih lagi kebahagian