Santri Al-Manshur presentasi makalah hasil fathul kutub
Menu

Santri Al-Manshur presentasi makalah hasil fathul kutub

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
a href=”http://darunnajah.com/wp-content/uploads/2014/03/LOGO-DARUNNAJAH.jpg”>img class=”size-medium wp-image-3023″ src=”http://darunnajah3.com/wp-content/uploads/2014/02/LOGO-DARUNNAJAH-298×300.jpg” alt=”Logo Darunnajah” width=”298″ height=”300″ />/a> Logo Darunnajah

www.darunnajah3.com Santri niha’i pesantren al-Manshur Darunnajah 3 mempresentasikan makalah hasil bedah kitab. Setelah sebelumnya santri diberi pembekalan mengenai fathul kutub (buka kitab) oleh pengasuh pesantren, dan mulai membedah kitab- kitab yang ada di perpustakaan pesantren al-Manshur, kini saatnya santri mempresentasikan hasilnya.
Kegiatan ini diadakan pada hari Senin, 05 Mei 2014, bertepatan dengan dimulainya Ujian Nasional tingkat Madrasah Tsanawiyah. Untuk mempresentasikan makalah ini, santri dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu tiap kelompok terdiri dari 11 santri dan satu pembimbing. Pada kali ini pengasuh pesantren menunjuk 2 ustadz dan 1 ustadzah untuk membimbing/ sebagai fasilitator, pada presentasi fathul Kutub ini, yaitu Ust. M. Saepudin, S.Pd.I, Ust. Asep Saepudin dan usth. Siti Fadlillah Zahro, S.Pd.I.
Setiap santri diharuskan mempresentasikan makalahnya dengan menggunakan Bahasa Arab di depan pembimbing dan teman- temanya. Setelah itu mereka mengadakan diskusi, yaitu audience bertanya kepada pemateri mengenai pembahasannya dan pemateri harus mampu menjawabnya. Karena dari situlah akan dinilai sejauh mana penguasaan santri terhadap materi.
Menurut kebanyakan santri, dalam melaksanakan fathul kutub, mereka mengalami kesulitan dalam mencari referensi yang sesuai dengan materi. Karena mereka harus membuka kitab- kitab yang ada diperpustakaan dan mencari pembahasan yang tepat dengan materi. Ditambah lagi mereka harus menemukan 5 referensi yang terdiri dari kajian Fiqh, Hadits dan Tafsir.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan