Sample Pelatihan Website (Utin Anindya, STAI Darunnajah) Dakwah
Menu

Dakwah Era Millenial

A. Pemuda/i Millenial

MILLENIAL – Apa yang kita ketahui tentang pemuda millenial? Pemuda millenial adalah generasi yang diharapkan bisa membangun peradaban dunia. Karena pada jiwa pemuda itu terdapat semangat yang selalu membara, pikiran yang mulai matang, ingatan yang masih kokoh, dan tenaga yang masih kuat. Sayang sekali jika kita tidak bisa memanfaatkan usia muda dengan sebaik mungkin. Pendidikan Agama Islam (PAI) sangatlah penting bagi generasi muda, karena ditangan pemudalah Islam akan bangkit dan berjaya. Hal ini dikarenakan bahwa agama merupakan salah satu pedoman hidup manusia di muka bumi. Agama juga memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan sikap dan perilaku seseorang.

Sikap dan perilaku seseorang dapat dilihat dari cara seseorang tersebut menjalani kehidupannya sehari-hari. Apabila seseorang menjalani kehidupannya berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist sesuai perintah Allah SWT, maka seseorang tersebut telah dapat dikatakan memiliki sikap keagamaan yang baik.

B. Dakwah Dari Diri Sendiri

Menjadi pendakwah memanglah bukan suatu yang mudah, namun besar sekali tanggung jawab dan amanah yang akan kita pegang karena bersangkutan dengan syiar keislaman yang dapat kita bagikan untuk orang lain. Tapi kita bisa memulainya dari hal yang paling kecil, contohnya pada diri sendiri. Mulailah membiasakan diri untuk istiqomah dalam ibadah-ibadah yang kita lakukan , mendekatkan diri pada Allah, kemudian mempelajari Alquran dan hadis, meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW sebagai sebaik-baik contoh agar kita tetap memperhatikan amar ma’ruf nahi munkar. Dengan itu kita bisa menjadi pemuda millenial yang mampu mengikuti perkembangan zaman namun juga tetap memperhatikan nilai-nilai keislaman dan norma masyarakat.