Menu

Rumah Yang Dijauhi Para Malaikat

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Malaikat adalah salah satu makhluk ciptan Allah swt, mereka adalah makhluk yang taat dan selalu bertasbih kepada sang pencipta. Para malaikat senantiasa menebarkan rahmat Allah swt ditengah manusia, kehadiran makhluk ini akan memberikan kesejukan dan ketentraman dalam setiap rumah yang dikunjunginya, karena kehadirannya selalu diridhoi Allah swt, tetapi tidak semua tempat tinggal akan dikunjungi malaikat, ada beberapa karakteristik rumah yang membuat malaikat tidak suka berada didalamnya,

Masjid Darunnajah Cipining
Masjid Darunnajah Cipining

Dan kini kita akan mengetahui ciri-ciri rumah yang dijauhi malaikat:

 

  1. Malaikat adalah makhluk suci, rumah yang kebersihannya tidak terjaga membuat rumah tersebut akan dijauhi olenya, salah satunya yaitu jika pemilik rumah memelihara anjing didalam kediamannya.

Rosululloh saw bersabda “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang didalamnya terdapat anjing, dan juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar atau patung“ (HR. Ahmad)

Memelihara anjing dalam islam memang dilarang kecuali diletakkan diluar rumah sebagai penjaga. Jika anjing berada didalam rumah maka najis akan terbawa kedalam rumah, membuat rumah menjadi kotor karena tidak terbebas dari najis.

Kejadian tidak hadirnya malaikat dialami langsung oleh rosululloh saw, malaikat Jibril pernah berjanji akan datang kerumah Rosululloh saw namun Jibril tak kunjung datang,

Rosululloh saw bersabda: “Allah tidak mungkin mengingkari janjinya, tapi mengapa Jibril belum juga datang?” ketika Rosululloh saw menoleh ternyata beliau melihat seekor anak anjing dibawah tempat tidur, setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril “mengapa engkau terlambat?” Tanya Rosululloh saw, Jibril menjawab: ”karena tadi dirumahmu ada anjing, ketahuilah kami tidak akan memasuki yang didalamnya terdapat anjing dan gambar atau patung” (HR.Muslim)

  1. Membuat patung yang menyerupai ciptaan Allah swt, juga termasuk perbuatan yang dilarang dalam islam. Rosululloh saw bersabda “siapakah orng yg lebih berbuat dzolim selain orang yang bekerja seperti ciptaanNYA,” oleh Karena itu cobalah mereka membuat biji atau zarah (HR.muslim)

Dengan menyimpan patung didalam rumah membuat rumah seakan mendukung pembuatan patung, perbuatan yang dilarang ALLAH swt. Rumah seperti ini tentunya akan dijauhi oleh malaikat.

  1. Selain rumah yang kotor, rumah yang berbau tidak sedap pun akan dijauhi malaikat. Rosululloh saw bersabda “siapa saja yang memakan pohon yang tidak sedap ini jangan lah mendekati masjid kami, sesungguhnya malaikat akan merasa sakit karena aromanya seperti halnya manusia”(HR.Muslim)
  2. Selain factor kebersihan rumah yang akan dijauhi malaikat adalah rumah yang penghuninya tidak pernah membaca ayat suci Al-Qur’an , Rosululloh saw bersabda “sinarilah rumah2 kamu sekalian dengan sholat sunnah dan bacaan Al-Quran” (HR. Baihaqi)

Rumah yang penghuninya jarang membac Al-Quran membuat rumah seakan menjadi kelam dijauhkan dari rahmat Allah swt. Rosululloh saw bersabda : ”tidaklah suatu kaum berkumpul dalam satu rumah Allah swt atau masjid untuk membaca kitabulloh atau Al-Quran dan mempelajarinya melainkan ketenangan jiwa bagi mereka. Mereka diliputi oleh rahmat dikelilingi oleh para malaikat dan Allah swt menyebut nama mereka dihadapan para malaikat yang ada disisinya” (HR. Muslim)

Bahkan yang membaca Al-Quran secara terbata-bata juga mendapatkan rahmat Allah swt. Rosululloh saw bersabda: “orang yang pandai membaca Al-Quran akan ditempatkan bersama kelompok para malaikat yang mulia dan terpuji, adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapat dua pahala” (HR. Bukhori)

  1. Rumah yang akan dijauhi malaikat adalah rumah yang ditempati seorang istri yang tidak mematuhi suaminya, Rosululloh saw bersabda: ” apabila seorang istri bermalam meninggalkan atau menjauhi tempat tidur suaminya maka malaikat akan melaknatinya sampai pagi” (HR.Muslim)

Dikhawatirkan jika seorang istri menolak ajakan suami, maka suami akan kehilangan cintanya dan akan melakukan perbuatan zina. Perbuatan yang termasuk dalam dosa besar.

Rosululloh saw bersabda: “hak seorang suami adalah istri tidak boleh keluar tanpa seizin suami, jika istri melakukannya maka allah, malaikat rahmat dan malaikat kemarahan akan melaknat hingga ia bertaubat.”(HR. Abu Daud)

Jika seorng istri meminta izin kepada suami tentunya suami akan mengizinkan jika dianggapnya aman bagi istrinya, akan tetapi jika suami menganggap kurang aman bagi istrinya maka suami akan mencoba menemaninya.

Ajaran islam tidak bermaksud untuk mengekang kaum perempuan khususnya para istri. Islam hanya mengatur etika berumah tangga agar terjadi keharmonisan mahligai rumah tangga.

  1. Ciri terakhir,rumah yang dijauhi malaikat adalah rumah yang didalamnya terdapat orang yang kikir/pelit. Rosululloh saw bersabda : “tidak satu haripun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya salah satu dari keduanya berkataa :ya allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq. Sedangkan ynang lainnya berkata: ya allahhancurkanlah harta orang yang kikir. ” (HR.Bukhori)

Orang yang pelit menafkahkan hartanya dijalan Allah swt akan dijauhi rahmat Allah swt dan para malaikat, tentunya para malaikat akan menjauhi rumah dimana para penghuninya selalu melakukan maksiat, menjauhi ajaran Allah swt dan tidak pernah melaksanakan perintah Allah swt.

Tidak ada muslim yang ingin rumahnya dijauhi rahmat Allah swt dan malaikatNYA sebagai muslim sebaiknya menjadikan rumah sebagai tempat tingal yang selalu mendapatkan berkah dan rahmat Allah swt. Rumah yang mendapatkan rahmatNYA tentu bukan rumah yang dijauhkan para malaikat.

Wallohu’alam

 

(Ummu Hurairoh)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait