Search
Close this search box.

Revitalisasi TMI dalam Ujian Semester

blank

Revitalisasi TMI adalah proses, cara, perbuatan menghidupkan atau menggiatkan kembali kegiatan, nilai-nilai, dan filosofi kembali ke khittah TMI Darunnajah, salah-satu program revitalisasi TMI di Darunnajah, yaitu keterlibatan santri akhir sebagai panitia ujian semester yang biasanya dilakukan enam bulan sekali dalam setiap tahun pelajaran.

Keikutsertaan Santri kelas 6 TMI Darunnajah turut mensukseskan agenda ujian semester, ada yang menjadi pengawas di ruang ujian dan panitia Ujian. Adapun sebagiannya dilibatkan sebagai panitia keamanan yang bertugas menjaga lingkungan asrama dan sekitar pondok.

blank
Kerapihan dan kebersihan kelas adalah tanggung jawab santri

 

 

 

 

 

 

 

 

blank
Panitia Ujian santri kelas 6 TMI yang menyiapkan hingga memasak konsumsi

Selain itu, ada panitia kebersihan yang bertugas untuk menjaga kebersihan kelas dan lingkungan pondok. Panitia konsumsi yang menyiapkan hingga memasak snack para pengawas, dan masih banyak lagi keterlibataan kelas 6 TMI di kepanitiaan ujian tahun ini. 

Santri sejatinya harus aktif, sehingga tidak ada kata tidak ikut kegiatan di salah satu kepanitiaan yang ada di pesantren. Santri yang aktif dalam kegiatan akan menjadi alumni yang kuat, kreatif dan bermanfaat bagi umat.

blank
Panitia Ujian santri kelas 6 TMI yang menyiapkan hingga memasak konsumsi
blank
Panitia Ujian santri kelas 6 TMI yang menyiapkan hingga memasak konsumsi

Kepanitiaan ini melatih kepada pembentukan karakter dengan membekali santri kemampuan kehidupan sosial  yang bisa diterapkan di segala lini kehidupan serta keterampilan hidup life skills yang paling mendasar yang dibutuhkan oleh para santri.

Program tersebut menjadikan santri akhir sebagai rasa khidmat kepada Pondok Pesantren dan pembekalan untuk masa depan santri yang cerah. Kepanitiaan ini menciptakan rasa disiplin dan tanggung jawab terhadap amanah yang diberikan. 

Dengan ini, tinggi harapan pondok kepada santri agar menjadi contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat. Alhasil, dengan adanya revitalisasi TMI ini, santri mampu menjadi pemimpin bagi umat ini sesuai slogan “Siap memimpin dan siap dipimpin”. (Penulis: Usth Anisa Rasyida, B.Hsc, Naila Assyifa, Aifa Putri Santri Kelas 6 TMI Darunnajah/Fotografer: Darunnajah Production House)

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah