Search
Close this search box.
blank

Rencana Allah Lebih Baik Dari Rencana Hamba-Nya

Rencana Allah Lebih Baik Dari Rencana Hamba-Nya

blank

Orang yang sukses itu bukanlah orang yang berhasil mendapatkan sesuatu yang diinginkan melainkan orang dapat dikatakan sukses apabila seseorang itu adalah orang yang berhasil mendapat suatu kebaikan dalam hidupnya. Karena sesuatu yang berhasil didapat dari keinginan manusia belum tentu menjadi suatu kebaikan dalam kehidupannya, dengan demikian hendaknya setiap umat muslim untuk meminta sesuatu yang terbaik dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah yang mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah 216)

Dan seperti yang dikatakan Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhuma:

“Bahwasannya barang siapa yang bersandar pada baiknya pilihan Allah untuknya maka dia tidak akan mengharapkan sesuatu selain keadaan yang Allah pilihkan untuknya. Inilah Batasan sikap selalu ridha terhadap segala sesuatu ketentuan takdir dalam semua keadaan yang Allah berlakukan bagi hamba-Nya.

Kita sebagai manusia hanya dapat berencana, akan tetapi semua apa yang telah direncanakan oleh manusia, Allah lah yang nantinya akan menentukan, karena pilihan Allah adalah yang terbaik bagi hamba-Nya, maka jangankah berharap terhadap rencana manusia, belum tentu yang direncanakan menjadi yang terbaik baginya, berharaplah kepada Sang Pencipta alam ini. Syaikh Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata:

“Janganlah setiap dari kalian membenci sesuatu yang telah Allah SWT tentukan, karena sejatinya Allah SWT telah menentukan sesuatu kemaslahatan besar yang kalian tidak mengetahui darinya.”

Apabila Yang kita inginkan belum menjadi yang terbaik dalam hidup kita, janganlah membuat kegundahan dalam hidup, Dan putus asa terhadap segala urusan sehingga kita melalaikan tugas sebagimana umat muslim. Ibnul Jauzi rohimahullah berkata:

“Rencana Allah yang telah ditentukan kepadamu adalah sebaik-baik rencana. Terkadang Allah SWT menghalangi rencanamu untuk menguji kesabaranmu, maka perlihatkanlah kepada-Nya kesabaran yang indah. Tak lama kamu akan melihat sesuatu yang menggembirakanmu.”

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah