STAI DARUNNAJAH

Penandatanganan MOU Antara STAI Darunnajah dengan Universtitas Internasional Afrika (Sudan)

Wakil Rektor Universitas Internasional Afrika (UIA) Prof. Dr. Mahmoud Abdulrahman El Sheikh membalas kunjungan utusan STAIDA ke kampusnya beberapa waktu lalu.  Tiba di Darunnajah pada hari Jum’at siang  29 Maret 2019, Prof. Dr. Mahmoud disambut Ketua STAI Darunnajah dan beberapa staf lainnya. Tidak hanya dari pihak STAIDA, pimpinan pondok pesantren KH. DR. Sofwan Manaf beserta beberapa guru senior juga ikut menyambutnya. Atas nama universitas, pihaknya menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak STAIDA dan pondok pesantren Darunnajah yang telah membantunya selama berkunjung di Indonesia.

Beliau juga menyampaikan bahwasanya kunjungan balasan ini untuk merealisasikan MoU yang telah ditandatangani kedua belah pihak di Sudan. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak saling membagikan pengalaman dalam mengelola kampus dan mahasiswanya. Bahkan wakil rector tersebut turut menceritakan produk-produk yang telah dihasilkan oleh mahasiswa-mahasiswa di kampusnya untuk dijadikan ladang penghasilan bagi UIA.

Pembahasan berlanjut kepada realisasi MoU yang lain, yaitu poin tentang tukar menukar pelajar. Pihak UIA menawarkan beasiswa kepada STAIDA dan pondok pesantren Darunnajah agar para mahasiswa dan santri bisa melanjutkan belajar di Sudan untuk jenjang pendidikan S1 dan S2 di semua fakultas. Tawaran ini langsung disambut antusias oleh pihak STAIDA dan pondok pesantren Darunnajah.

Pimpinan pondok pesantren Darunnajah sekaligus dosen di STAIDA Dr. Sofwan Manaf, M.Si. langsung mengambil inisiatif untuk mengadakan MoA. Hal itu juga disetujui oleh wakil rektor Universitas Internasional Afrika (UIA) Prof. Dr. Mahmoud Abdulrahman El Sheikh. Sebagai bentuk realisasi dari hal tersebut, maka pihak Darunnajah langsung mempersiapkan beberapa hal yang harus diajukan ke pihak UIA agar mahasiswa dan santri bisa segera berangkat ke Universitas Internasional Afrika di Sudan.