Search
Close this search box.
blank

Rapat Mingguan: Ajang Koordinasi Guru SD Islam Darunnajah Jakarta

Rapat Mingguan: Ajang Koordinasi Guru SD Islam Darunnajah Jakarta

blank

Rapat kordinasi mingguan guru SD Islam Darunnajah edisi akhir bulan September dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 September 2020. Rapat kordinasi diikuti seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang berjumlah sekitar 50 orang dengan memakai aplikasi zoom.

Bertindak sebagai pembicara kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, bagian kurikulum dan bagian pengembangan sumber daya manusia. Adapun materi yang disampaikan adalah seputar laporan kegiatan belajar mengajar jarak jauh (PJJ), ulangan harian II, kegiatan siswa, dan penerimaan siswa baru.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sudah dilaksanakan sekitar 2 bulan di tahun ajaran 2020/2021 berjalan dengan lancar. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan media digital menjadi pembelajaran secara langsung bagi guru untuk lebih terampil dalam mengoperasikannya. Semakin sering menyelesaikan kendala yang dihadapi dan semakin sering mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut akan membentuk karakter kreatif dan solutif.

Lamanya pembelajaran daring membuat para siswa mulai jenuh dengan pembelajaran jarak jauh, banyaknya tugas yang diberikan dan minimnya inovasi dalam penyampaian menjadi kurang menarik bagi siswa. Menjadi tantangan bagi pendidik untuk melakukan terobosan baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi agar kegiatan belajar di waktu yang tidak lazim ini tersampaikan dan siswa dapat memahaminya dengan baik.

Enam paralel dengan jumlah 24 rombongan belajar membuat setiap guru dan wali kelas untuk selalu berkordinasi menyamakan persepsi dan materi yang akan disampaikan. Kordinasi diperlukan agar tidak ada mis komunikasi dan ketimpangan materi antar kelas baik dari segi bahan ajar, cara penyampaian dan waktu pelaksanaan.

Di waktu normal pelaksanaan ulangan harian dilaksanakan mengikuti jadwal pelajaran di masing-masing kelas. Namun, di waktu pembelajaran secara daring, pelaksanaan ulangan harian dilaksanakan secara bersamaan tiap-tipa paralel untuk menjaga kerahasiaan soal. Dengan pelaksanaan ulangan harian secara serentak maka akan memudahkan guru terutama guru mata pelajaran dalam pengoreksian hasil ulangan.

Kegiatan siswa selama masa pandemi juga menjadi pembahasan yang cukup menarik pada rapat kordinasi kali ini, dimana Wakasek bidang kesiswaan menegaskan bahwa kegiatan siswa harus tetap berjalan menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Senam bersama secara online tiap hari Jum’at sudah berjalan seperti biasa dan antusias siswa sangat tinggi dimana peserta hampir mencapai 95% seperti saat pelaksanaan senam bersama kelas empat.

Webinar tentang keputraan dan keputrian akan segera dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada siswa kelas 5 dan 6 yang akan memasuki masa pubertas. Para siswa harus tahu ciri-ciri memasuki masa pubertas dan bagaimana menyikapinya, seperti tentang haid, tentang mimpi basah dan bagaimana cara bersucinya. Sangat penting bagi siswa mengetahui cara bertaharah/bersuci dari hadats besar karena menjadi dasar untuk melaksanakan ibadah selanjutnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi agenda selanjutnya yang akan dilaksanakan bulan depan. “cari format acaranya seperti apa dan libatkan seluruh siswa” Ucap Syukron Asy’ari Wakasek bidang kesiswaan. Kesempatan bagi sekolah untuk memberikan kegiatan keagamaan bagi siswa guna lebih memperdalam pengetahuannya tentang sejarah Islam.

Memasuki bulan Oktober, SD Islam Darunnajah akan membuka kembali pendaftara murid baru tahun ajaran 2021/2022. Pendaftaran dilakukan secara online di laman www.santri.darunnajah.com, jika pandemi masih berlangsung maka tes seleksi masuk akan dilaksanakan secara online seperti yang dilaksanakan tahun ini. Lembaga mengucapkan terima kasih kepada ketua panitia penerimaan murid baru tahun ajaran 2020/2021 Ustadz Abdul Wafa dan team yang telah sukses menjalankan tugasnya dengan hasil yang cukup memuaskan dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa baru dari tahun sebelumnya.

Pandemi covid-19 memberikan dampak ke segala bidang terutama ekonomi yang juga bersinggungan dengan Pendidikan dan Menteri Keuangan telah memprediksi bahwa akhir bulan September akan terjadi resesi. Lembaga Pendidikan terutama yang swasta perlu bersiap diri menghadapi resesi dengan berbagai langkah jitu agar Lembaga yang dinaunginya tetap berdiri, tetap berjalan dan tetap melayani siswanya seperti biasa.

Panitia Penerimaan Murid Baru (PPMB) harus lebih bekerja keras, harus lebih kreatif dan inovatif dalam menjaring calon siswa baru melalui berbagai macam promosi di media online. Dukungan Lembaga dengan kebijakannya seperti penundaan kenaikan iuran, pengurangan dana kegiata siswa, keringan uang masuk dengan beberapa termin pembayaran atau pemberian subsidi kuota untuk pembelajaran daring dsb bisa dilakukan, agar dapat menarik para orang tua untuk mendaftarkan anaknya bersekolah di SD Islam Darunnajah./Ahmad_awaludin21

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah