Puasa dalam bahasa Arab disebut dengan Ash Shiyaam (الصيام) atau Ash Shaum (الصوم). Secara umum Ash Shiyam artinya adalah al imsaak (الإمساك) yaitu memegang diri. Sementara itu, ash shiyaam dimaksudkan: beribadah kepada Allah Ta’ala dengan menahan diri dari makan, minum dan pembatal puasa lainnya, dari diterbitkannya fajar hingga diselidiki matahari.

Puasa Ramadhan memiliki keutamaan yang berbeda dengan puasa-puasa lainnya. Puasa Ramadhan adalah puasa yang diperintahkan Allah SWT. Dapat dinyatakan dalam firmannya Surah Al Baqarah ayat 183:

َيَآ أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْن

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. Agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Di antara umat Islam, banyak yang telah disetujui berkali-kali selama bulan suci Ramadhan sepanjang lolos. Karena itu, pada bulan puasa kali ini didukung oleh semangat meningkatkan amal ibadah. Dengan begitu, ada peningkatan kualitas diri dibandingkan dengan yang lalu.

Salah satu tolak mengukur peningkatan kualitas puasa Ramadhan dapat memperbaiki hawa nafsu yang semakin baik. Sebab, berpuasa tidak hanya menahan dari hal-hal yang membatalkan ibadah itu, tetapi juga mengontrol hari-hari dari segala macam godaan yang kita lakukan.

Berpuasa melatih seseorang untuk kuat, sabar, dan tabah. Semua ini akan mendorong seseorang untuk pulang dan pergi hal-hal buruk yang dibawa jiwanya. Sebagai salah satu contoh, seseorang yang suka makan untuk makan yang berlebihan, dia mampu pulang dengan alasan puasa. Dia pun bisa meninggalkan kebiasaan buruk dengan lebih mudah.

Inti dari puasa adalah mengendalikan diri dari berbagai keinginan hawa nafsu, baik lahiriyah maupun batiniyah. Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita harus mengendalikan diri kita sendiri Dari segala macam keinginan hawa nafsu sekaligus godaan yang selalu melepaskan diri kita. Penting di bulan suci Ramadhan ini. Jika segala macam hal tersebut, kita dapat mencoba mecegah dan menghindarinya. Insya allah kita termasuk orang-orang yang derajat ketakwaannya akan meningkat.

Baca selengkapnya “BEM STAI Darunnajah Mengadakan buka puasa bersama”