Ini dia, Rahasia Dibalik Sholat Tahajjud!

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Salat tahajjud adalah salat sunnah yang dikerjakan di malam hari atau sepertiga malam (diantaranya sekitar pukul 03.00 dini hari) setelah terjaga dari tidur.

blank

Dapat kita kerjakan malam hari antara Waktu sholat Isya hingga sholat Subuh. Sholat sunnah ini, dapat dikerjakan paling sedikit dua rakaat, dan tiada batasannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an mengenai sholat sunnah paling istimewa ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Yang Artinya :

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

blank

Awal mulanya, sholat Tahajjud ini wajib hukumnya bagi ummat Islam. Namun  setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin. Sedangkan khusus bagi Rasulullah, sholat ini hukumnya wajib sehingga beliau tidak pernah meninggalkannya.

إنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْءًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Yang Artinya :

“Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.”

Ya, sholat sunnah ini hanya dapat dilakukan pada malam gelap, dimana orang-orang sedang terlelap pulas diatas ranjangnya. Namun, hal tersebutlah yang menjadi poin tambahan dalam ibadah ini.

blank

Oleh karena itu, pada waktu inilah pintu doa akan dibuka. Karena pada waktu ini pula adalah waktu yang dimana do’a tersebut Mustajab. Maka barangsiapa yang memohon kepada Allah SWT dengan cara bangun malam untuk sholat Tahajjud, Insya Allah akan di kabulkan oleh Allah SWT.

Namun, do’a kita tentulah harus yang bersifat “positif”. Adapun hal-hal yang harus kita lakukan agar do’a kita dikabulkan adalah:

  • Selalu melakukan ini setiap hari (tidak hanya satu malam saja).
  • Tidak lupa untuk selalu istiqomah dalam berusaha dan tidak mudah menyerah
  • Kita juga harus bersabar (Karena belum tentu kita berdoa malam ini, dan esok hari sudah dikabulkan)

Bangun di malam hari untuk beribadah dan memohon kepada Allah sudah terbukti khasiatnya. Untuk itu, mari kita ber”Istiqomah” dalam rutin melakukan sholat tahajjud.

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Video Call Santri Dengan Orang Tua

Pesantren memberi fasilitas video call gratis bagi santri untuk menjalin komunikasi yang baik dengan ayah dan ibu tercinta Darunnajah Principal’s Speech On The Courtesy Call