Periode anak usia dini adalah waktu yang tepat untuk menerima segala perkembangan anak. Pengalaman positif pada periode ini akan membuahkan pengembangan yang baik terhadap kemampuan belajar di masa berikutnya. Sedang pengalaman terpaksa membaca yang kurang bermakna akan menghasilkan pengalaman negatif dan berpengaruh di hidupnya kemudian.
Pembelajaran Pra Keaksaraan harus diupayakan dengan cara menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberi mainan

yang bermakna, aman, nyaman dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan anak. Sehingga anak mampu :
》berbicara positif dan akurat sesuai kosakata yang didengar.
》menyampaikan dan menceritakan dongeng sesuai yang didengar.
》meniru/mengekspresikan karakter tokoh-tokoh baik dan menghindar dari yang negatif.
》memperoleh pengalaman cara mengatasi emosi seperti rasa takut, marah, cemburu atau meluapkan kegembiraan yang sehat dari bacaan atau dongeng yang didengar.
》mendengarkan, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan bahasa yang baik.
Lakukanlah :
☆ menumbuhkan lebih banyak penguasaan kata.
☆ mendongeng.
☆ membacakan buku kreatif dan imajinatif.
☆ menjelajah kekayaan bahasa.
☆ menyiapkan lingkungan beraksara.

Tinggalkanlah :
# mengajarkan membaca yang tidak sesuai dengan anak.
# memaksakan anak belajar membaca bunyi tanpa makna.
# memaksakan anak belajar menulis dan berhitung tanpa makna.
# memberikan lembaran kerja yang berlebihan.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.