Menu

PPL PGTK Darunnajah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

PGTK Darunnajah Tahun 2009

 
Oleh: Siti Nur Hidayah*)

A.       Pendahuluan

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah puncak dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa dalam bangku kuliah. Oleh karena itu PPL dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan yang bertujuan untuk menerapkan dan menanamkan berbagai pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam rangka pembentukan guru yang professional.

Dengan demikian maka PPL adalah program pendidikan yang memasyarakatkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dari semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan, baik kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Kegiatan-kegiatn tersebut diselenggarakan dalam dalam bentuk pembelajaran terbatas (microteaching), pelatihan terbimbing, dan pelatihan mandiri yang diarahkan pada terbentuknya kemampuan keguruan, yang terjadwal secara sistematis di bawah bimbingan Dosen Pembimbing dan Guru Pamong.

Apabila dipandang dari sudut kurikulum, PPL adalah suatu program mata kuliah proses belajar-mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL dirancang untuk menyiapkan  mahasiswa calon guru untuk memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang menyeluruh dan terpadu, sehingga setelah mahasiswa tersebut menjadi guru, mereka dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya secara professional.

Apabila dipandang dari sudut isi, PPL adalah seperangkat komponen pelatihan prajabatan guru yang berlangsung dalam siklus teori dan praktik secara berlapis dan berulang pada setiap langkah dalam komponen pelatihan tersebut selalu mengacu pada teori yang dipelajari dan menuju pada praktik pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam berbagai kondisi.

 

B.       Pengertian PPL

Praktik Pengalaman Lapangan  adalah salah satu kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa. Yang mencakup latihan mengajar maupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kepndidikan.

 C.       Tujuan PPL

Tujuan umum PPL adalah untuk melatih mahasiswa calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata, baik dalam kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya.

Tujuan khusus PPL adalah :

a.       Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, akademik, dan sosialpsikologis sekolah tempat   pelatihan PPL.

b.        Menguasai berbagai ketrampilan dasar mengajar.

c.        Menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata.

d.        Mampu mengembangkan aspek pribadi dan sosial di lingkungan sosial sekolah.

e.        Menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalaman selama pelatihan melalui refleksi dalam bentuk laporan.

 

D.       Rencana Kegiatan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) PGTK dilaksanakan setiap akhir semester I. sebelum kegiatan PPL ini dimulai, dipersiapkan terlebih dahulu hal-hal berikut :

1.        Mendata mahasiswa calon peserta PPL PGTK

2.        Menentukan sekolah tempat PPL

3.        Memohon izin lokasi PPL dengan melampirkan Proposal perizinan PPL

4.        Menetapkan Dosen Pembimbing dan menentukan distribusinya

5.        Memohon surat tugas  kepada ketua program PGTK untuk dosen pembimbing

6.        Mengadakan Rapat Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah, Guru Pamong dan Pengelola PGTK Darunnajah.

7.        Membuat Buku Panduan PPL PGTK Darunnajah dan Buku PPL Panduan Non Teknis

8.        Mengadakan Formulir-formulir yang diperlukan.

 

E.       Persiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) PGTK Darunnajah

Sebelum Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) PGTK Darunnajah tanggal 16 Februari-16 Maret 2009, Pengelola PGTK mengadakan kegiatan persiapan sebagai berikut :

a.        Rapat Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah TK, Guru Pamong dan Pengelola PGTK

b.        Pembekalan PPL Mahasiswa PGTK

     Pembekalan PPL Mahasiswa PGTK dilaksanakan oleh bagian Akademik PGTK untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada mahasiswa calon guru tentang berbagai hal yang berhubungan dengan seluk-beluk kegitan PPL. Setelah mahasiswa calon guru menerima materi pembekalan PPL, diharapkan mahasiswa tidak menemui kendala yang berarti dalam melaksanakan kegiatan PPL di Sekolah tempat praktik.

      Materi Pembekalan PPL yang disampaikan berupa Prosedur Pelaksanaan PPL, Penjelasan Penilaian PPL, Penjelasan PPL Non Teknis, dan lain sebagainya.

      Pembekalan PPL PGTK Darunnajah tahun akademik 2008-2009 dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 3 Februari bertempat di kampus PGTK Darunnajah. Dimulai dari pukul 09.00-12.30 WIB. Mahasiswa atau calon guru menerima materi pembekalan yang disampaikan oleh pengelola dan dosen pembimbing.

—————–

*) Pengelola PGTK Darunnajah Jakarta

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Surat pemberitahuan perubahan kegiatan dan SPP

Surat Pemberitahuan Perubahan Kegiatan dan SPP 258. Surat pemberitahuan perubahan kegiatan dan spp Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Santri Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 di