Search
Close this search box.

Planting day

blank

Planting day atau biasa disebut dengan hari menanam, adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan menanam beberapa tanaman.

kegiatan ini biasa dilakukan oleh siswa/siswi sekolah dasar maupun sekolah menengah atas.

kegiatan yang memiliki tujuan untuk menghijaukan bumi ini biasa berlangsung pada setiap akhir puncak tema mata pelajaran Tematik.

pada hari Jum’at tanggal, 1 Oktober 2021 SD Islam Darunnajah mengadakan agenda planting day yang diadakan secara daring. para siswa/siswi kelas 1 – 6 menanam tanaman di area sekitar rumah untuk ikut andil dalam menghijaukan lingkungan.

planting day ini bertujuan untuk mendidik siswa/siswi dalam kesadaran menjaga lingkungan dan ikut serta dalam menghijaukan lingkungan.

global warming yang terjadi pada saat ini adalah mulai berkurangnya tumbuhan atau tanaman di muka bumi sehingga oksigen yang dihasilkan oleh tanaman mulai berkurang, dengan melihat semakin padat pertumbuhan manusia di dunia ini sehingga menipisnya pesediaan oksigen.

Dengan kegiatan tersebut, anak-anak lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan serta merawat pohon dalam penanaman pohon asuh. sebuah inisiasi yang perlu dilakukan, mengingat kondisi tanaman yang mulai berkurang.

 

tahukah kalian? bahwa penebangan pohon di bumi kita sudah sangat parah?

 

penebangan liar yang dilakukan oleh beberapa manusia yang tidak bertanggung jawab juga merupakan salah satu penyebab berkurang nya tanaman di bumi kita.

bukan hanya penebangan hutan, kebakaran hutan, pembukaan lahan untuk berbagai macam keperluan, hingga pembangunan infrastruktur setempat juga menjadi faktor penyebab berkurangnya tanaman di muka bumi ini.

 

Meski terkesan sepele, tetapi  kondisi ini dapat berdampak buruk untuk aspek sosial dan ekonomi bagi manusia di muka bumi.

 

mengapa sih kita perlu mengadakan penanaman tanaman?

 

penting untuk dimengerti, bahwasannya tanaman yang tumbuh dibumi ini berguna untuk pembuatan oksigen yang berguna bagi kelangsungan hidup manusia.

apabila tanaman semakin menipis maka ketersediaan oksigen dibumi ini juga akan berkurang, yang berdampak pada kematian dan kepunahan makkhluk yang ada di muka bumi ini.

 

maka kita sebagai makhluk yang tinggal dibumi ini, bertugas untuk menjaga dan melestarikan tumbuhan sebagai upaya menjaga dan melestarikan bumi serta kehidupan manusia.

 

Nurul Huda – SD Islam Darunnajahblank

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah