Pioneering (Performance Lomba ke-30)

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

blank

Pioneering merupakan salah satu lomba termasuk kedalam kategori Skill Kepramukaan, kriteria pada Pioneering ini meliputi kaidah tali menali, kekuatan, kerapihan, dan versi. Disini, santri belajar dan memahami secara langsung dan mandiri bagaimana cara tali menali yang kuat, rapih, kreatif, dan tahu akan versi atau hal baru mengenai bentuk.

Selain itu, secara tidak langsung pada Lomba Pioneering ini santri belajar bagaimana kerja tim yang baik, memadukan warna dan kompak. Semua itu dituangkan dengan praktek dan belajar yang terus-menerus.

Tepatnya siang tadi Sabtu, 4 Agustus 2018, Lomba Pioneering telah selesai dilaksanakan, Lomba dimulai pukul 14.00-15.00 WIB. Lomba Pioneering pada hari ini dikhususkan untuk penegak, per kontingen mengirimkan 3 peserta dalam perlombaan ini.

Kontingen Pesantren Darunnajah 2 Cipining dengan semangat dan antusias mengikuti perlombaan, terlihat dari wajah berseri dan  kekompakan yang terlihat. Semua peserta memakai seragam pramuka sebagaimana yang ditetapkan sebelumnya oleh panitia.

Perlombaan berlangsung di depan Gedung Robitoh Pondok Modern Darussalam Gontor-Ponorogo. Rentangan nilai yang diberikan kepada seetiap peserta adalah ukuran 0-6, adapun pada perlombaan ini, peserta dituntut untuk membuat sebuah pioneering menggunakan 60 tongkat dan durasi yang telah diberikan, tongkat dibentuk maksimal sebagus mungkin oleh peserta dengan bentuk dan kreasi sendiri. Durasi yang ditetapkan oleh panitia adalah 60 menit.

Tujuan khusus pada perlombaan Pioneering ini adalah agar peserta dapat meningkatkan kerajinan dan ketrampilan dalam membuat pioneering dengan kaidah yang benar.

Pada perlombaan ini panitia lomba memberikan catatan kepada semua peserta agar berlangsung acara ini dengan baik. Catatan itu adalah:

  1. Tidak diperbolehkan memberikan perlengkapan tambahan berbentuk kawat atau benang yang dililit atau bentuk apapun kecuali variasi pada warna tongkat
  2. Tidak diperbolehkan memberi piloq pada ikatan-ikatan pioneering
  3. Tidak diperbolehkan membasahi hasil pioneering atau tali dengan air
  4. Tidak diperbolehkan mewarnai tali pioneering dengan cat atau pigmen

Alhamdulillah perlombaan Pioneering pada hari ini berjalan dengan lancer, semoga mendapat hasil yang terbaik khususnya untuk kontingen Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Aamiin

Salam Pramuka!

(Wardan/Syathir)

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika