Pesilat Indonesia

Tapak Suci Indonesia

Pencak silat merupakan salah satu beladiri khas indonesia yang mana ada berbagai macam alirannya yaitu salah satunya adalah tapak suci. Pencak silat juga ada kejuaraannya hingga tingkat dunia/ internasional.

Alhamdulillah Pesilat asal darunnajah Ananda Abdul Malik dengan kesungguhan usaha dan doa, dan menitih dari tingkat daerah kemudian kota, Wilayah, Provinsi, dan Nasional  dan sekarang dapat mengikuti kejuaraan dunia tapak suci yang diselelnggarakan di kota Solo yang di ikuti oleh 547 Atlet dari 14 Negara yang di selenggarakan dari tgl 1-5 September 2019 dan dihadiri oleh gubernur jakarta yaitu Anies Baswedan.

“Tapak suci harus menyadari bahwa zaman hari ini adalah abad 21. Karena itu ketempaan yang diberikan harus bisa menjawab tantangan abad 21,” kata Anies, Minggu (1/9/2019).

“Kompetensinya harus mampu kerja sama, kritis, kreatif, harus mampu bisa komunikatif,”kata Anies

Selain itu, perguruan pencak silat harus terus berinovasi agar tidak tertinggal oleh zaman. “Tapak Suci ini ada di mana-mana karena berinovasi,”tambah Anies.

Peserta yang mengikuti kejuaraan dunia Tapak Suci tersebut cukup banyak. Terdapat 14 Negara yang  mengikuti, di antaranya : Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan, Jerman, Uganda, Maroko, Thailand, Sudan, Lalestina, Lebanon, dan Indonesia.

Ketua Panitia Kejuaraan Dunia Tapak Suci, Wiwoho Aji Santoso, mengatakan, perwakilan dari Indonesia ada 28 pimpinan wilayah yang mengikuti kejuaraan tersebut.

Acara pembukaan dilaksanakan pada 1 September 2019 diawali dengan kegiatan Pendidikan Karakter dan Latihan Berdama Anggota Tapak Suci di Stadion Sriwedari pukul 06.00-09.00 WIB. Kegiatan tersebut diikuti 2.500 siswa serta 547 atlet peserta kejuaraan.

Abdul Malik 4 kali bertanding di kejuaraan dunia tapak suci 2019 :

  1. NTB (penyisihan)
  2. Aceh (penyisihan)
  3. DIY (perempat final)
  4. Riau (semi final)

Alhamdulillah Abdul Malik meraih juara 3 dalam kejuaraan dunia tapak suci pada tahun 2019.

Ini adalah suatu prestasi bagi darunnajah dan juga Atlet yang bertanding pada kejuaraan kali ini yaitu Abdul Malik, Semoga dengan adanya yang sudah sampai di kejuaraan tingkat dunia makin banyak Atlet darunnajah yang bisa mengikuti kejuaraan dunia, dan semakin terpacu semangatnya dalam latihan di pesantren.

Semoga pesilat-pesilat darunnajah bisa dan ikut di kejuaraan dunia selanjutnya, Aamiin…