PESANTREN DARUNNAJAH CIPINING; TEMPAT PERSEMAIAN PEMIMPIN
Menu

PESANTREN DARUNNAJAH CIPINING; TEMPAT PERSEMAIAN PEMIMPIN

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pesantren Darunnajah Cipining membekali setiap santrinya dengan berbagai macam ilmu pengetahuan, salah satunya adalah ilmu kepemimpinan (leadership). Siap Memimpin dan siap dipimpin, demikian sebuah kalimat yang ditanamkan kepada para santri. Ya, di pesantren para santri belajar untuk memimpin dan belajar juga untuk dipimpin.

Sejalan dengan visi pesantren Darunnajah Cipining, yang salah satunya adalah mempersiapkan calon pemimpin (imama), maka ada banyak program dan kegiatan yang tujuannya adalah untuk mengasah para santri untuk belajar menjadi seorang pemimpin. Mulai dari menjadi ketua kamar, ketua rayon, ketua kelas, ketua angkatan, ketua Organisasi Santri, ketua Koordinator Pramuka, ketua Pasukan Inti (Paskin) Pencak Silat, dan masih banyak kegiatan lainnya. Dari situlah, para santri belajar bertanggung jawab atas amanah yang diembannya, sebab akan ada Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) di setiap akhir masa baktinya. Tidak lupa, setiap tahunnya juga diadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (Leadership Basic Training) bagi para pengurus OSDC dan Koordinator Pramuka.

Di pesantren para santri juga belajar hidup disiplin. Bapak Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc pernah mengatakan “Hidup dengan disiplin itu memang tidak enak, akan tetapi jauh lebih tidak enak jika kita hidup tanpa disiplin”, demikian nasehat beliau. Dari bangun tidur sampai tertidur kembali para santri harus mengikuti aturan yang sudah dibuat dengan penuh disiplin dan tanggung jawab. Disiplin adalah kunci meraih kesuksesan.

Belajar Mandiri Sejak Dini

Setiap santri juga belajar untuk hidup mandiri, sebab di pesantren kita tidak hidup bersama-sama dengan keluarga dan kedua orang tua. Ya, setiap santri hidup jauh dari orang tua mereka. Oleh karena itu, para santri dididik untuk bisa hidup mandiri, mulai dari mencuci baju sendiri, menyetrika sendiri, pendek kata setiap santri harus mampu mengurus kebutuhan hidup sendiri, sehingga kelak kemudian hari mampu hidup secara mandiri.

Pesantren ibarat sumur yang tak pernah kering, tempat kita menimba ilmu kehidupan. Pesantren juga yang membina kita untuk menjadi seorang pemimpin. Sebab pada dasarnya setiap kita adalah pemimpin, sebagaimana yang disabdakan Baginda Nabi Muhammad Saw; “kullukum ro’in wa kullukum mas’ulun an ro’iyyatihi”

Maka wajarlah kalau kemudian banyak alumni-alumni pondok pesantren yang hari ini mendapatkan amanah dari ummat untuk melayani dan memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa, negara, dan agama.

Jadi, jangan ragu untuk menyekolahkan anak. adik, keponakan, sepupu, ataupun saudara kita di pesantren. Karena pesantren terbukti berhasil melahirkan banyak pemimpin di republik ini. Wallahu a’lam. (Wardan/dzikrillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan