K. H. Hadiyanto Arief S. H., M. Bs Sedang Menyampaikan Pesan dan Nasehat Menjelang Perpulangan Semester 1 di Aula Satu Dasawarsa – Cidokom 29 November 2019

Cidokom – Suasana sedih sekaligus bahagia terasa menghigapi didalam hati setiap santri, pasalnya mereka akan menjalankan liburan akhir tahun. Tepat setelah salat  isya berjamaah dikamar seluruh santri dan dewan guru hadir guna mendengarkan taujihat pesan dan nasehat menjelang liburan yang disampaikan oleh bapak pimpinan, sebagai etiket sebelum liburan.

Dalam hadits arbai’n disebutkan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:«مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ». حَدِيْثٌ حَسَنٌ, رَوَاهُ التِّرْمِذِي وَغَيْرُهُ هَكَذَا.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara tanda kebaikan keIslaman seseorang: jika dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh at-Tirmidzi no. 2318 dan yang lainnya).

Diantara pesan dan nasehat yang terpenting yaitu mengerjakan hal-hal yang bermanfaat saat liburan. Seperti misalnya: Mengikuti kursus, silahturahim kepada guru-guru, rekreasi, dan sebagainya dengan catatan jangan sampai mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfaat baik untuk dirinya dan sekitarnya.

Adapula sopan santun yang disini dimaksud juga adab yang harus dijaga dan ditingkatkan oleh seluruh santri, yaitu :

  1. Sopan santun terhadap Allah Swt
  2. Sopan santun terhadap Rasulullah Saw
  3. Sopan santun terhadap Orang Tua
  4. Sopan santun terhadap Tetangga
  5. Sopan santun terhadap teman sebaya

Alhamdulillah acara pun berjalan dengan lancar dan selasai jam 22.10 yang diakhiri dengan pembacaan ma’lumat liburan, dimana liburan akan berlangsung selama 2 minggu dimulai dari tanggal 29 November – 13 Desember 2019. Diwajibkan kepada seluruh santri untuk dateng tepat pada waktu yang ditentukan.