hatiDidalam tubuh manusia terdapat segumpal daging yang mempunyai peran penting dalam kehidupan, dimana dinyatakan bila segumpal daging tersebut baik maka seluruh jasad, anggota badan lainnya dinilai baik dan begitu sebaliknya bila segumpal daging tersebut rusak maka rusaklah seluruh jasadnya.

Berdasarkan hadist Rasulullah saw, “Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu penjaga hati agar senantiasa dalam keadaan baik adalah keharusan, hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah dalam beribadah dan beramal shaleh serta tidak lupa untuk mendawamkan do’a kepada Allah agar hati kita selalu baik, salah satu do’a yang sering Rasulullah baca adalah, “Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik” yang artinya Wahai Dzat yang Maha Membolak balikan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama Mu.

Hal lain yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga diri dari hal-hal yang dapat merusak hati, menurut Ibnu Qoyyim Al Jauzuyah Rahimahullah ada lima hal yang bisa menjadikan hati kita rusak yaitu :

  1. Bergaul dengan orang-orang yang tidak baik

Mempunyai teman yang baik sama seperti kita memiliki sesuatu yang bisa menjaga hati, begitu sebaliknya bila kita bergaul dengan orang yang tidak baik kerjaannya bermaksiat, selalu melakukan hal yang sia-sia maka sama seperti kita menyerahkan hati kita kepada orang untuk di rusak. Teman bergaul adalah factor utama yang akan menjadikan hati kita baik atau buruk.

2. Larut dalam angan-angan kosong

Kecenderungan ingin mempunyai sesuatu namun enggan untuk melakukan sesuatu untuk mencapai hal tersebut dapat menjadikan hati rusak, bagaimana mungkin kita akan mendapatkan sesuatu bila tidak melakukan sesuatu, kemalasan yang sudah meracuni  jasad manusia menjadikan hati rusak dikarenakan larut dalam angan-angan kosong.

3. Bergantung kepada selain Allah

Rezki adalah milik Allah, Dialah yang memberi dan memenuhi kebutuhan seluruh makhluk di muka bumi, lemahnya iman membuat manusia melakukan hal yang diluar batas hingga menggadaikan imannya kepada selain Allah, maka tiadalah rezki yang baik baginya yang ada hanyalah rusaknya hati yang dimilikinya.

4. Makan berlebihan atau makan yang haram

Rakus atau banyak makan menjadikan kebanyakan orang lupa diri hingga menimbulkan rasa malas enggan bekerja mencari rezki yang baik dan halal, sama seperti mereka yang makan dari hasil tidak baik atau makanan haram maka jasadnya tidak menjadi rusak terlebih hati yang lembut.

5. Kebanyakan tidur

Banyak tidur tidak melakukan aktifitas yang bernilai ibadah sama saperti kita tidak memberi makan hati sehingga akan pucat dan menjadi hitam yang kemudian rusak, hati membutuhkan makan yang berbentuk amalan-amalan yang mulia yang mengharap ridha Allah.

Mari jaga hati kita dengan menjauhi perkara-perkara yang bisa merusaknya dan meningkatkan  amal kebaikan agar hati senantiasa dalam keadaan baik.

(MAS)