اِجْهَدْ وَلاَ تَكْسَلْ وَلاَ تَكُ غَافِلاً فَنَدَامَةُ العُقْبىَ لِمَنْ يَتَكاَسَلُ

“Bersungguh-sungguhlah, dan janganlah bermalas-malasan, dan jangan terlena, karena penyesalan adalah akibat bagi orang yang bermalas-malasan.”

Ungkapan  mahfudzat diatas adalah  motivasi bagi santri Nihai TMI Darunnajah 2 Cipining yang saat ini sedang menghadapi rangkaian kegiatan ujian akhir. Keseriusan, ketekunan dan semangat belajar yang harus dijaga dan di tingkatkan selama ujian. Beragam  cara dilakukan santri nihai dalam menghadapi ujian, dari mulai belajar siang malam,menghafal materi,muwajah dengan guru materi, sampai ibadah qiyamul lail serta puasa sunnahpun dilakukan dalam menghadapi rangkaian kegiatan ujian akhir, ini dilakukan dalam rangka usaha agar menghasilkan nilai yang baik. Berikut  rangkaian ujian santri kelas akhir :

1.Ujian nihai tahap awal

2.Try Out UAMBN

3.UAMBNBK

4.UNBK

5.Ujian Lisan nihai

6.Ujian nihai tahap ke dua

Kesungguhan dalam belajar merupakan kunci keberhasilan dalam ujian, bagi santri tidak ada hari tanpa belajar, karena dengan belajar yang tidak tahu menjadi tahu, yang bodoh menjadi pintar.

خَيْرُ جَلِيْسٍ فِى الزَّمَانِ كِتَابٌ

“Sebaik-baik teman duduk adalah buku.”

 

Bersungguh-sungguhlah, dan janganlah bermalas-malasan, dan jangan terlena, karena penyesalan adalah akibat bagi orang yang bermalas-malasan. Semangat belajar santri yang tak kunjung padam untuk meraih prestasi yang gemilang agar menjadi generasi yang cemerlang,cerdas dan berilmu.(wardan/maghfur)