Dalam pondok pesantren banyak sekali organisasi-organisasi yang memiliki aktifitas dan kegiatan disetiap harinya,mulai dari santri-santriwatinya serta ustad/ustazahnya,yang bergerak dalam tugasnya masing-masing diorganisasi yang telah ditetapkan oleh pondok. Denga tanggung jawab serta rasa memiliki amanat oleh setiap staff-staff organisasi tersebut.bekerja dengan ikhlas sepenuh hati demi majunya dan berkembangnya pondok pesantren tersebut.kita ambil contoh pengawas madrasah.

Siapa dan apa tugas pengawas madrasah ?

Banyak sekali tugas-tugas menjadi seorang guru, selain mengajar ada banyak tanggungan dan kewajiban yang harus dikerjakan diluar kelas, di asrama, di masjid, DLL. Pengawas madrasah, adalah salah satu organisasi yang ada di pondok pesantren darunnajah dan ustad/ustazah sebagai staff yang bertanggung jawab dalam bagian tersebut.mereka bekerja ikhlas untuk pondok demi tertibnya disiplin yang ada di pondok pesantren darunnajah.peran merek untuk kegiatan belajar mengajar sangatlah penting karna, jikalau di suatu lembaga pendidikan pondok pesantren contohnya darunnajah apabila tidak ada pengawas madrasah yang bekerja menegakkan disiplin di setiap ruangan kelas disekolah maka timbullah ketidak teraturan disekolah tersebut.

Pengawas madrasah terdiri dari beberapa staff di organisasi nya tersebut ,Adapun tugas-tugas pengawas madrasah adalah menegakkan disiplin kegiatan belajar mengajar bagi ustad/ustazah yang mengajar di kelas.apabila seorang ustad/ustazah tidak dapat mengajar atau berhalangan untuk mengajar dikarnakan alasan tertentu maka harus dikonfirmasi ke bagian pengawas madrasah sebagai tanda bahwa ada konfirmasi dari ustad/ustazah yang berhalangan untuk hadir, gunanya supaya pengawas madrasah mencarikan pengganti untuk ustad/ustazah yang berhalangan hadir tersebut dengan demikian kelas yang akan ustad/ustazah tinggalkan tersebut tidak kosong sehingga tercipta disiplin yang baik dan waktu masuk kelas yang lebih optimal .

Pengawas madrasah  juga memiliki tugas untuk mengecek setiap ruangan-ruangan kelas tanpa terkecuali, untuk memastikan bahwa ruangan kelas tersebut memang benar-benar ada ustad/ustazah yang mengajar di dalam ruangan tersebut. Dan untuk dilaporkan kelas mana sajakah yang kosong atau tidak ada ustad/ustazah yang mengajar, dan kelas mana sajakah yang telah ada ustad/ustazahnya. Dan laporan tersebut untuk menjadi bahan evaluasi bagi ustad/ustazah yang melanggar disiplin tersebut.

suasana dikelas

dengan adanya pengawas madrasah yang selalu menjalankan tugas-tugasnya menjadikan tata tertib yang baik disetiap sekolah.dengan adanya pengawas madrasah bukan menjadi tertekannya para ustad/ustazah yang mengajar justru lebih terpacu untuk lebih semangat dalam mengajar santri-santri sehingga dapat mencetak santri-santri yang berkualitas nanti ketika menjadi alumni.

ayo segera daftar ke pondok pesantren darunnajah dengan cara klik link di bawah ini.

klik disini