Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Adanya Pandemi Covid-19 mengharuskan para anak-anak harus mengikuti pembelajaran jarak jauh, dengan begitu dukungan orang tua atau wali murid menjadi sangat penting bagi keberlanjutan pendidik anak. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya orang tua adalah pendidik utama dan alami, karena pada pertumbuhan dan perkembangan  anak orang tuanyalah yang berperan aktif dalam memelihara, memberi asupan dan pendidikan keluarga.

Peranan orang tua sangat mempengaruhi proses belajar anak dalam memberikan pendidikan di rumah, orang tua harus menjadi pendamping setia, terutama dalam belajar, apalagi di masa pandemi covid-19 meraka berperan sebagai guru utama. Berikut ini ada beberapa peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

  1. Belajar dengan nyaman dan aman

Orang tua mempunyai peran dalam  membantu anak agar dapat belajar dengan aman dan efektif. Baik itu di sekolah ataupun di rumah

  1. Memberi Motivasi Untuk Belajar

Dengan adanya pandemi covid-19 menjadikan sebagian aktivitas dikerjakan dari rumah, seperti halnya pembelajaran jarak jauh. Setiap anak harus semagat untuk belajar, jangan sampai adanya pandemi ini membuat anak malas belajar, disinilah peran orang tua yang harus selalu memberikan  motivasi dalam kesemangatan belajar.

  1. Mengontrol Proses Belajar

Orang tua harus selalu mengontrol tentang segala kegiatan anak di rumah  terutama disaat proses belajar, orang tua wajib mengingtkan apabila anak lalai dengan tugasnya dan selalu mengecek terhadap segala proses pembelajaran jarak jauh.

  1. Berkomunikasi dengan Guru

Orang tua menjadi guru utama di rumah, sehingga menuntut para orang tua untuk dapat memenuhi hal-hal yang berkaitan dengan aspek pendidikan, untuk mempermudah dalam mengontrol dan mengawasi anak dalam belajar orang tua harus selalu berkomunikasi dan bekerjasama  dengan para guru.

Selain peran-peran yang telah disebutkan, ada  peran utama bagi orang tua yaitu  menanamkan  kecintaan terhadap ilmu agama kepada anak, ini akan menjadi hal yang sangat berharga karena dapat membantu kesuksesan anak di dunia ataupun di akhirat kelak dan akan menjadi kunci kebaikan bagi anak-anak, karena kunci kebaikan  itu terdapat pada kepahaman tentang agama. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْنِ

“Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan niscaya Allah pahamkan dia dalam agama” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

(dn.com/Nafisah)

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika