Penyuluhan Kesehatan Oleh PUSKESMAS Kecamatan Pamulang Di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Penyuluhan Kesehatan Oleh PUSKESMAS Kecamatan Pamulang Di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Penyuluhan Kesehatan Oleh PUSKESMAS Kecamatan Pamulang Di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Pada hari Jum’at tanggal 13 Oktober 2017 telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan oleh PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Kecamatan Pamulang di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang yang bertempat di ruang kelas santriwati.

Acara ini diikuti oleh santriwati kelas 1 sampai kelas 3. Penyuluhan Kesehatan ini disampaikan oleh Dr. Fitri Oryza tentang penyakit rubella atau campak. Penyakit rubella atau campak ini ditandai dengan ruam merah pada kulit. Penyakit ini dapat menular dengan mudah yaitu melalui pernapasan ataupun melalui butiran liur diudara atau bersin dan batuk.

Adapun gejala-gejala rubella atau campak yaitu : demam, sakit kepala, flu, tidak nafsu makan, mata memerah, pembengkakan pada kelenjar limfa pada telinga dan leher, bintik merah yang awalnya pada wajah lalu menyebar ke badan , tangan dan kaki hal ini biasa terjadi selama 1-3 hari.

Hal ini seringkali terjadi pada remaja yang tinggal di lingkungan pesantren, karena di lingkungan pesantren seringkali kali santri berkumpul lalu memakai peralatan nya bersama, misalnya : memakai handuk, sikat gigi, gunting kuku secara bersama. Hal ini sangat memungkinkan terjadi penularan penyakit rubella atau campak dengan mudah pada santriwati.

Hal yang seharusnya dilakukan ialah mempunyai barang pribadi masing-masing dan digunakan untuk diri sendiri saja ataupun bisa juga dengan disuntik vaksin MR. Pemberian vaksin MR ini direkomendasikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun, dan diberikan melalui suntikan pada jaringan lemak lengan atas.

Kemudian setelah Penyuluhan Kesehatan ini berlangsung lalu diadakan pula suntik vaksin MR pada santriwati guna mencegah terjadinya penyakit rubella atau campak. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan misalnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. “Mencegah itu lebih baik daripada mengobati”, ujar Dr. Fitri Oryza.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan ini sangat bermanfaat bagi santriwati Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang. (SA)