Sebagai umat manusia kita pasti pernah melakukan kesalahan dalam mengerjakan sesuatu taubat adalah salah satu bentuk kesadaran seseorang yang telah melakukan kesalahan tersebut, yang kita perlukan adalah perbaikan dari diri sendiri dan mengingatnya untuk dijadikan bahan evaluasi terhadap diri kita agar tidak mengulangi kesalahan tersebut nantinya. Dalam ajaran agama islam, sebagai seorang muslim kita harus mengetahui dan mampu untuk membedakan antara yang baik dan buruk. Karna kita memiliki akal dan fikiran, dan selayaknya bagi seseorang itu menggunakannya dengan baik agar hidupnya tidak diisi dengan kegiatan-kegiatan yang buruk dipandangan Allah SWT.

إن الله  يحب  التوبين و يحب المتطهرين    

“sesungguhnya allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri

Dari ayat diatas kita dapat mengambil sebuah pelajaran dan hikmah yang ada dibalik dalil tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwasanya setiap hari manusia itu melakukan perbuatan yang tidak selamanya baik, terkadang mereka melakukan kesalahan dalam kegiatan sehari-harinya sengaja ataupun tidak sengaja, pasti saja perbuatan jelek itu dilakukan oleh manusia. Maka dari itu kita sebagai manusia harus selalu intropeksi diri masing-masing agar tau bagaimana batas kadar kesalahan dan kebaikan yang telah kita lakukan.taubat

taubattanpa kita sadari bahwa Allah SWT mengawasi kita disetiap perbuatan yang kita lakukan setiap harinya. Sedikit gerakan yang kita lakukan apapun itu Allah SWT mempunyai catatannya sendiri. Jadi janganlah kita berfikiran untuk melakukan suatu perbuatan yang jelek, buruk, yang Allah tidak sukai, tidak ada yag mengetahui karna tidak ada yang melihat ataupun mengawasi.

Memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah salah satu bentuk bahwa kita ingin merubah diri kita menjadi lebih baik lagi, minta ampunlah kepada sang pencipta alam semesta ini karena dialah zat yang tidak bisa diragukan lagi kemampuannya. Apa yang dia kehendaki akan terwujud sesuai keinginannya.

taubat

taubat

Sebagai hambanya kita harus mensyukuri nikmat yang telah dia berikan kepada kita, maka dari itu jangan kerjakan apa-apa saja yang menjadi larangan baginya. Tapi laksanakan kewajiban yang telah dia bebankan kepada kita, setiap manusia pasti pernah lalai. Apabila kita lalai akan perbuatan yang menjadi larangan bagi diri kita, maka segeralah bertaubat. Dengan begitu kita memiliki rasa menyesal akan perbuatan yang dilarang oleh Allah tersebut.

adm-dn1(syirhan)