Menu

Pengurus Buat Perkenalan Terasa Berkesan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Tak kenal maka ta’aruf. Begitulah motto dasar yang diajarkan oleh santri senior kepada santri baru yang telah datang ke pesantren sejak 17 Juli lalu. Karena mengenal merupakan hal yang paling penting untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, terutama untuk para santri baru di tempat baru agar mereka merasa nyaman serta kerasan berada di pesantren Darunnajah Cipining. Istilah ta’aruf atau perkenalan biasa pula disebut dengan anjangsana.

Setelah 3 hari, tepatnya Selasa (19/7) kegiatan anjangsana untuk santriwati diselenggarakan di masjid Putri. Ba’da shalat Isya berjama’ah tepat, para santri baru berkumpul dengan para pengurus OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) putri dan Koordinator Pramuka masa bhakti 2011-2012. Pada kesempatan kali ini acara dipandu oleh 2 MC dari kelas 6 TMI (XII MA), yaitu Ina Rosdiana dan Fifi Ramandati.

Acara anjangsana dilakukan dengan memperkenalkan nama pengurus dan jabataannya masing-masing di kepengurusan OSDC dan koordinator pramuka.  Sebagai tambahan info, kamar dan kelas para pengurus juga disebutkan oleh MC. Di samping itu, para pengurus memberikan orientasi dan sosialisasi singkat terkait program Kerja pada masing-masing bagian.

Guna menghidupkan suasana semiresmi tersebut, MC menyelinginya dengan acara game. Aturan dari game ini adalah santriwati baru harus bisa menunjuk kakak-kaka pengurus yang disebutkan namanya oleh MC. Dalam sesi ini, tidak semua santri baru mendapatkan giliran, hanya beberapa santriwati untuk mewakili permainan ini.

Semakin malam acarapun semakin familiar yang diwarnai dengan serunya para santri baru yang terkadang salah dalam menebak jawaban. Dan tak bisa dipungkiri dalam permainan ini banyak sekali jawaban yang membuat para santri tertawa geli melihat wajah santri baru yang tertangkap basah malu karna jawaban yang kurang tepat. Permainan ini selain menjadi hiburan dan menghilangkan sedikit rasa ngantuk dan suntuk pada malam hari juga berguna untuk mengetahui seberapa ingatkah memori santri baru dalam mengingat nama dan paras kakak-kakak pengurus yang baru saja diperkenalkan.

Semoga dengan bertambahnya santri Darunnajah Cipining dapat mempererat tali silaturahmi dalam menjalankan Ukhuwah Islamiyah. Amin  (Warna/Putri Khoiunnisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III